SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelantikan pejabat. (Solopos/Dok)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pelantikan tujuh kades terpilih hasil Pilkades serentak gelombang III Karanganyar akan dilaksanakan sesuai jadwal di Ruang Anturium Rumdin Bupati Karanganyar pada Jumat (3/4/2020) mendatang.

Meskipun begitu, karena pelantikan ini digelar di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, protokol antisipasi Covid-19 tetap dilakukan saat pelantikan.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Karanganyar, Agus Heri Bindarto, mengatakan tetap melantik tujuh kades terpilih sesuai jadwal yang ditentukan.

Belum Sehari Jadi PDP Corona, Perempuan Sragen Meninggal

Meskipun begitu, ada pembatasan-pembatasan yang akan diterapkan saat proses pelantikan kades terpilih Karanganyar itu. Salah satunya membatasi jumlah orang yang hadir dan mempercepat durasi acara.

“Tetap kami adakan pada 3 April. Tidak diundur sama sekali karena memang hanya sedikit saja yang dilantik. Nanti yang boleh hadir hanya tamu inti dan tujuh kades terpilih bersama istri. Sekitar 30 orang saja nanti,” beber dia ketika dihubungi Solopos.com, Selasa (31/3/2020).

Ada Bikin Sterilisasi dan Pengecekan Kesehatan

Waktu pelantikan juga dipercepat. Paling tidak sampai satu jam sudah selesai. Agus menjelaskan beberapa protokol medis juga akan dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar.

Penemuan Bayi Laki-Laki di Selokan Tawangmangu Karanganyar, Anak Siapa?

Menurutnya, akan disediakan bilik sterilisasi dan pengecekan kesehatan bagi tamu undangan yang hadir saat pelantikan kades terpilih Karanganyar. Selain itu, ruangan akan ditata agar terdapat jarak sekitar 1 meter antartamu.

“Tetap kami terapkan protokol medis. Nanti tamu sebelum masuk akan disterilisasi dengan desinfektan dan dikeringkan. Lalu kami cek suhu tubuhnya untuk antisipasi penyebaran Covid-19,” imbuh dia.

Penggerebekan Kades Karangtengah Wonogiri Selingkuh Berujung Saling Lapor

Sementara itu, kades terpilih Desa Tuban, Gondangrejo, Karanganyar, Aris Santoso, mengatakan sudah menerima informasi pelantikan sesuai jadwal awal. Dia memahami tidak diundurnya pelantikan lantaran wilayah desa sudah sangat membutuhkan kades.

Dia juga mengakui tidak ada persiapan khusus dan akan menaati protokol medis yang akan diterapkan saat pelantikan dilaksanakan. “Untuk persiapan sudah semua dan saya sudah menjaga fisik. Sampai saat ini alhamdulillah sehat. Semoga saat pelantikan dan seterusnya sehat,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya