Ada Festival Kopi dan Batik, Car Free Sunday di Wonogiri Jalan Terus

Festival Kopi dan Batik Wonogiri bakal digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti, Sabtu-Minggu (1-2/10/2022) mendatang.

 Seorang anak perempuan sedang menari di hadapan pengunjung Car Free Sunday (CFS) Wonogiri area timur, Minggu (17/7/2022). Tarian itu sukses menarik perhatian pengunjung CFS Wonogiri. (Solopos.com/Luthfi Shobri M)

SOLOPOS.COM - Seorang anak perempuan sedang menari di hadapan pengunjung Car Free Sunday (CFS) Wonogiri area timur, Minggu (17/7/2022). Tarian itu sukses menarik perhatian pengunjung CFS Wonogiri. (Solopos.com/Luthfi Shobri M)

Solopos.com, WONOGIRIFestival Kopi dan Batik Wonogiri bakal digelar di Alun-alun Giri Krida Bakti, Sabtu-Minggu (1-2/10/2022) mendatang. Nantinya, agenda car free sunday (CFS) yang biasa berlangsung Minggu tetap digelar bersamaan dengan berlangsungnya festival.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Waluyo, kepada Solopos.com, Kamis (29/9/2022).  Ia menyampaikan CFS, Minggu (2/10/2022) tetap berlangsung dan tak ada yang berbeda dari pengaturan lalu lintas maupun buka-tutup jalan saat CFS tersebut.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Masih seperti biasa, menggunakan space [ruang] Jl. Ir Soekarno yang digunakan untuk CFS,” kata Waluyo.

Pengelola Pedagang CFS Wonogiri, Aswin Asmoro Ady, mengonfirmasi CFS Wonogiri tetap diadakan meski berlangsung Festival Kopi dan Batik. Di kesempatan itu, para pedagang akan mendukung penuh program yang diselenggarakan Pemkab Wonogiri.

“Seluruh pedagang di CFS Wonogiri besok saya minta mengenakan batik saat berjualan. Kalau jadi juga akan ada lomba foto antarzona pedagang menggunakan batik. Setelah mereka [pedagang] datang baru difoto,” katanya saat dihubungi, Kamis.

Baca Juga: Sentra Kopi di Wonogiri Ternyata Ada di 8 Kecamatan, Ini Daftarnya

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Wonogiri, Wahyu Widayati, mengatakan festival tersebut digelar untuk mempromosikan produk kopi dan batik asli Wonogiri. Festival itu ingin menunjukkan dan memperkenalkan kepada khalayak bahwa Wonogiri memiliki produk kopi dan batik yang kualitasnya tidak kalah dengan daerah lain.

Festival ini digelar bertepatan dengan Hari Kopi Internasional yang diperingati pada 1 Oktober dan Hari Batik Nasional 2 Oktober. Berdasar unggahan akun Instagram @humas_wonogiri, festival itu bertajuk Festival Kopi dan Batik Pesona Wonogiri dalam Secangkir Kopi dan Ragam Batik Wonogiren.

“Kalau soal taste, boleh dicoba. Kopi Wonogiri tidak kalah dengan kopi dari daerah lain. Begitu juga dengan batik. Kualitas batik Wonogiri bisa dibandingkan dengan kualitas batik lain. Kualitasnya [batik Wonogiri] sudah bagus,” katanya kepada Solopos.com, belum lama ini.

Dengan festival ini, Pemkab Wonogiri berharap dapat memberikan semangat kepada para petani kopi dan perajin batik di Wonogiri untuk lebih meningkatkan produksi dan meluaskan pasar. Selama lebih kurang dua tahun pandemi Covid-19, dua sektor usaha itu sempat terpuruk.

Baca Juga: Jangan Lewatkan! Ada Band Akustik di Festival Kopi dan Batik Wonogiri

Produksi batik Wonogiri sempat merosot saat pandemi lantaran pemesanan sedikit. Pemkab Wonogiri berupaya membangkitkan kembali usaha batik Wonogiri.

Menurutnya, kini sentra batik di Wonogiri tidak hanya di Kecamatan Tirtomoyo, tetapi juga di Kecamatan lain. Hal itu seperti di Kismantoro, Selogiri, Wonogiri, Pracimantoro, Ngadirojo, dan Sidoharjo.

Di sektor usaha kopi, petani kopi di Wonogiri diakui belum banyak. Tanaman kopi masih sebagai tanaman sampingan alias belum menjadi tanaman utama di lahan atau tegalan.

Padahal kopi asli Wonogiri ini cukup digemari pasar. Sudah banyak kedai-kedai kopi di sekitar Solo dan Yogyakarta yang menggunakan produk kopi Wonogiri.

Baca Juga: 1.000 Cup Kopi Dibagikan Gratis di Festival Kopi dan Batik Wonogiri

“Pemkab Wonogiri ingin memberi semangat kepada mereka. Kami ingin para petani kopi itu tidak hanya menanam dalam jangka pendek. Tapi juga jangka panjang. Pemkab mendorong agar mereka tetap bisa eksis. Festival juga sebagai bentuk apresiasi Pemkab Wonogiri kepada petani kopi dan pengrajin batik di Wonogiri,” imbuh Wahyu.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Hujan Siang-Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 6 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 6 Desember: Pagi Cerah Berawan, Sore Hujan

      Prakiraan cuaca Kota Solo menurut BMKG pada Selasa (6/12/2022) ini bakal cerah berawan pada pagi hari namun hujan diperkirakan turun pada sore hari.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 6 Desember 2022, Hujan Tanpa Angin

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 6 Desember 2022, Hujan Sampai Petang

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Hujan Lebat Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 6 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Diskominfo SP Solo Sebut 9.265 STB Gratis Sudah Dibagikan ke Warga Tak Mampu

      Diskominfo SP Solo menyebut sebanyak 9.265 unit set top box atau STB TV digital gratis dari Kemenkominfo saat ini sudah dibagikan kepada warga tak mampu di Kota Bengawan.

      Gibran Tegaskan Nama Jl Diponegoro Solo Tak Dihapus tapi Dipindah ke Jalan Lain

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan wacana penggantian nama Jl Diponegoro menjadi Jl Ngarsapura bukan berarti menghilangkan nama pahlawan nasional tersebut.

      Nikahan Kaesang, Pejabat Polda Jateng Jajal Naik Becak Vastenburg-Mangkunegaran

      Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho melakukan simulasi naik becak untuk tamu acara nikahan Kaesang Pangarep dari Benteng Vastenburg ke Pura Mangkunegaran Solo.

      STB Mahal, Warga Sukoharjo Kecewa Tidak Bisa Nonton Piala Dunia

      Harga set top box (STB) melambung tinggi setelah siaran televisi terestrial analog dihentikan di sejumlah wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah mulai Jumat (2/12/2022).

      Kandang di Pinggir Jalan Raya, Sapi Milik Lansia Nguntoronadi Raib Dicuri

      Satu ternak sapi betina milik lansia asal Nguntoronadi, Wonogiri diduga digondol maling pada Senin (5/12/2022).

      Wah! Sudah Punya 250 Guru Besar, UNS Solo Kukuhkan 4 Orang Lagi Besok

      UNS Solo bakal mengukuhkan empat guru besar baru sehingga menambah jumlah total guru besar di kampus tersebut menjadi 254 orang.

      20 Ekor Kobra Ditangkap di Kebakkramat, Enam Lainnya Masih Berkeliaran

      Tim Exalos Indonesia yang mengevakuasi 20 anak ular kobra itu menduga masih ada enam kobra lainnya yang masih berkeliaran di sekitar rumah milik Estik.

      Catat! Ini Lokasi 9 Panggung Hiburan Pernikahan Kaesang-Erina di CFD Solo

      Ada sembilan panggung hiburan di sepanjang area CFD Jl Slamet Riyadi Solo saat acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) pagi.

      Ngeri! Tim Exalos Indonesia Evakuasi 20 Kobra dari Rumah Warga Kebakkramat

      Belasan ekor anakan ular kobra di Kebakkramat itu dievakuasi selama tiga hari pencarian.

      Pemuda Melikan Klaten Bikin Paket Wisata Edukasi Gerabah, Harganya Terjangkau

      Para pemuda sentra kerajinan gerabah putaran miring di Dukuh Pagerjurang, Desa Melikan, Kecamatan Wedi membikin paket wisata edukasi.

      Pencarian Pria Hanyut Asal Sukoharjo di Kahyangan Wonogiri Terkendala Cuaca

      Tim search and rescue (SAR) Wonogiri masih terus melanjutkan pencarian terhadap orang hanyut di sungai di kawasan wisata Kahyangan, Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo sejak Minggu (4/12/2022).