Ada Dua Pabrik Semen Baru, Pemerintah Diminta Tegas Terapkan Moratorium

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) diminta segera mengeluarkan peraturan tertulis mengenai moratorium izin pembangunan pabrik baru.

 Ilustrasi pabrik. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pabrik. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Asosiasi Semen Indonesia (ASI) mencatat dua pabrik baru beroperasi pada tahun lalu, yakni Semen Singa Merah dan Semen Grobogan di Tengah moratorium investasi industri semen.

Adapun, Semen Singa Merah diketahui merupakan merek milik Jember Hongshi Cement, perusahaan patungan Hongshi Holding Group asal China dengan PT Semen Imasco Asiatic Indonesia.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Ketua Umum ASI Widodo Santoso mengatakan, dua pabrik baru tersebut menambah kapasitas produksi industri semen sebesar 5 juta ton menjadi sekitar 116 juta ton per tahun.

Baca Juga: Dibangun 1910, Ini Wujud Pabrik Semen Tertua di Indonesia

Padahal, rata-rata konsumsi semen dalam negeri hanya berkisar 70 juta ton per tahun. “Dengan permintaan dalam negeri hanya sekitar 70 juta ton, maka industri semen kelebihan kapasitas sekitar 45 juta ton pada 2021,” kata Widodo kepada Bisnis, Senin (24/1/2022).

Widodo berharap, pemerintah dalam hal ini Kementerian Investasi/Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) segera mengeluarkan peraturan tertulis mengenai moratorium izin pembangunan pabrik baru.

Hal tersebut dilakukan demi kelangsungan kinerja industri semen dalam negeri. Kementerian Perindustrian sebelumnya juga telah melayangkan permintaan yang sama mengenai masalah tersebut.

Baca Juga: Semen Indonesia Bagikan 167 Hewan Kurban ke Daerah Terdampak Pabrik Semen

Adapun, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam rapat dengar pendapat dengan DPR belum lama ini menyatakan izin pembangunan pabrik semen baru telah disetop, sesuai arahan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dua daerah yang dikecualikan, yakni Papua dan Papua Barat karena masih adanya kekurangan pasokan untuk memenuhi permintaan.

Pada tahun lalu, Pemerintah juga memberikan izin pabrik semen baru di Kalimantan Timur kepada PT Kobexindo Cement untuk orientasi ekspor, dengan penjualan dalam negeri hanya sekitar 10–15 persen.

Widodo berharap produsen semen anyar tersebut mampu menaati perjanjian yang disepakati dengan pemerintah terkait orientasi ekspor.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Gerakan Ilmu Kebal Srikaton, Konflik Pribumi dan Eropa Akhir Abad 19

+ PLUS Gerakan Ilmu Kebal Srikaton, Konflik Pribumi dan Eropa Akhir Abad 19

Pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, ribuan warga kulit putih Eropa tinggal di Vorstenlanden Surakarta atau Soloraya, yang memunculkan konflik antaretnis antara penduduk Eropa dan Pribumi, salah satunya Gerakan Ilmu Kebal Srikaton.

Berita Terkini

Sebagian Orang Indonesia Sulit Punya Rumah, Tinggal di Pondok Mertua?

Sebagian masyarakat Indonesia masih menghadapi tantangan berat untuk memenuhi kebutuhan pokok, termasuk papan atau rumah. 

550 UMK Soloraya Terima Nomor Induk Berusaha, Bisa Daftar Online!

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, dan Menteri BUMN, Erick Thohir, secara simbolis menyerahkan NIB kepada pelaku UMK di wilayah Soloraya di De Tjolomadoe, Karanganyar, Rabu (6/7/2022).

Cek Posisi dan Syaratnya, BUMN Ini Buka Lowongan Kerja Terbaru 2022

Salah satu BUMN, PT Berdikari yang bergerak di bidang peternakan dan perdagangan seperti ayam.membuka lowongan kerja terbaru 2022.

Cek Aturannya, Begini Cara Meminta Kompensasi Mati Listrik ke PLN

Ada hukum serta persyaratan yang perlu diketahui pelanggan untuk mendapatkan kompensasi pemadaman atau mati lampu kepada PLN.

HUT ke-57, Telkom Wujudkan Mimpi Anak Bangsa Lewat Digitalisasi

Mimpi besar Telkom untuk mengakselerasi terwujudnya mimpi-mimpi anak bangsa melalui digitalisasi di berbagai bidang.

Mengemban Amanah Umat, Berapa Gaji Pegawai Lembaga Amil Zakat?

Mungkim terlintas dalam benak Anda pertanyaan tentang berapa gaji pegawai lembaga amil zakat? Ada peraturan yang menjadi dasar untuk menetapkan gaji pegawai amil zakat.

Begini Skema Insentif Produsen dan Distributor MinyaKita

Skema insentif yakni memiliki komposisi hak ekspor minyak sawit mentah (CPO) lebih banyak dibandingkan dengan hanya memproduksi minyak goreng curah.

Di E-Commerce MinyaKita Dijual Lebih Mahal, Mendag: Harga Flat Rp14.000

MinyaKita yang dijual di e-commerce beragam ukuran dari 1 liter hingga jeriken 25 liter dengan harga Rp19.000 per liter hingga Rp800.000 untuk 25 liter.

Warga Solo Sambut Antusias Konversi Kompor Induksi PLN

Konversi kompor LPG ke kompor induksi ini merupakan wujud andil PLN dalam menjalankan program pemerintah terkait pengurangan impor gas LPG.

Kemendag Targetkan 2 Pekan MinyaKita Banjiri Pasar Tanah Air

Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim menjelaskan tidak akan menetapkan target jumlah produksi tertentu untuk MinyaKita.

Rupiah Tembus Rp15.000 Per Dolar AS, Rabu 6 Juli 2022

Rupiah tembus Rp15.000 per dolar AS menjadi level terendah sejak Mei 2022 di tengah lonjakan indeks dolar AS dan aksi jual investor asing.

Mendag: Harga MinyaKita Flat Rp14.000 Per Liter

Zulkifli berharap dengan hadirnya MinyaKita bisa memberikan dampak signifikan terhadap ketersediaan minyak goreng di tengah masyarakat, khususnya daerah terpencil di Indonesia.

Milenial Mendominasi Investasi di Pasar Modal, Investor BBRI Terbanyak

BRI sebagai emiten dengan saham blue chip pun memiliki saran dan tips bagi investor pemula agar dapat berinvestasi dengan baik.

Ramai Soal Beli BBM di SPBU Pakai HP, Pertamina: Ada Miskomunikasi

QR code itu melekat di kendaraan tersebut, siapa pun yang mengemudi, penumpang kalau masuk kriteria Perpres Nomor 191 Tahun 2014 akan entitled untuk mendapatkan BBM subsid

Perdagangan Sesi I, IHSG Anjlok, Sejumlah Nilai Saham Turun

Sepanjang sesi pertama IHSG bergerak pada rentang 6.602,89-6.706,91.