SOLOPOS.COM - Erwan Sa'ad, pemimpin deklarasi Tentara Allah. (Detik.com)

Solopos.com, BANDUNG – Deklarasi jemaah Jundullah alias Tentara Allah di Kabupaten Bandung Barat, Jumat (1/1/2021) cukup menggegerkan warga. Saat ini, polisi sedang mencari pemimpin deklarasi tersebut yang bernama Erwan Sa'ad.

Deklarasi Tentara Allah itu dilaksanakan di suatu masjid di Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas. Menurut Ketua RT 003 kampung setempat, Sopiyandani, Erwan bukan warga di tempatnya, namun berasal dari desa dan kecamatan yang sama.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

"Kalau Erwan ini sebetulnya bukan warga kami, dia beda kampung. Hanya masih satu desa dan kecamatan. Dari kampung kami jarak ke rumah dia sekitar beberapa kilometer," ucap Sopiyandani, Rabu (6/1/2021), seperti dilansir Detik.com.

Perjalanan Chacha Sherly Eks Trio Macan hingga Kecelakaan di Tol Semarang-Solo

Sopiyandani menyebut deklarator TentaraAllah itu kali pertama masuk ke kampungnya sebagai seorang ustaz atau penceramah. Lambat laun Erwan memiliki jemaah.

"Kurang tahu juga kapan mulai aktif ceramah di kampung kami. Kalau jemaahnya sebetulnya hanya sedikit, sekitar 16 KK. Memang kalau beribadah itu di masjid yang ada di tengah sawah, mungkin lebih cocok dibilang tajug (masjid kecil)," bebernya.

Di mata para jemaahnya Erwan Sa'ad dikenal sebagai sosok yang keras dalam hal agama, apalagi soal kerukunan umat. Walau demikian dia tidak terlalu sering datang ke kampung tersebut.

"Paling seminggu sekali, itu pas salat Jumat. Ya hari lain juga ada, hanya ngobrol dengan jemaahnya. Memang orangnya keras kalau soal agama," kata warga sekaligus jemaah, Ade Ali Syarifudin.

Video Detik-detik Kecelakaan Chacha Sherly Eks Trio Macan di Tol Semarang-Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya