SOLOPOS.COM - Wakil Ketua Kwarcab Boyolali Bidang Pembinaan Anggota Muda, Darmawan Eko Habriono (kanan), Humas, Eksani (tengah) dan Wakil Ketua Dewan Kerja Cabang, Amin Rizqi Istiqomah mengikuti Rakerda Kwarda Jateng secara virtual, Sabtu, (5/2/2022). (Istimewa/Kwarcab Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Anggota Kwartir Cabang (Kwarcab) Boyolali mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahap I yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah secara virtual pada Sabtu (5/2/2022).

Dalam Rakerda tahap I dikatakan ada beberapa pembahasan, salah satunya adalah rencana puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Pramuka yang akan digelar di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali, pada bulan Agustus mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Humas Kwarcab Boyolali, Eksani, kepada Solopos.com, Sabtu malam.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kwarda Jateng saat Rakerda tadi menyampaikan akan tetap mengusahakan untuk puncak Upacara HUT Pramuka ke-61 akan dilaksanakan di Kebun Raya Indrokilo pada bulan agustus 2022. Itu jika pandemi bisa dikendalikan dan jika diizinkan oleh Satgas Covid-19 dan pihak terkait,” ungkapnya.

Baca juga: SMAN 1 Kemusu Dilanda Banjir Bandang, Pramuka Boyolali Kerahkan Anggota

Ia mengatakan sebenarnya puncak HUT Pramuka pada 2020 akan digelar di Kebun Raya Indrokilo, namun batal karena pandemi. Berdasarkan informasi dari Kwarcab Boyolali, ada dua pilihan yang direncanakan oleh Kwarda Jawa Tengah dalam merayakan HUT Pramuka di tahun 2022 ini. Pertama secara tatap muka di Kebun Raya Indrokilo dan kedua secara virtual.

Pandu Citra Loka

Selain pembahasan puncak acara HUT Pramuka, Eksani menjelaskan Rakerda tahap I Kwarda Jawa Tengah juga membahas hal lain tentang digelarnya kembali Lomba Kehumasan Pandu Citra Loka untuk kali kedua. Perlombaan itu akan digelar mulai April hingga Agustus 2022.

“Nantinya akan ada lomba Duta Humas Pramuka Jawa Tengah untuk anggota penegak dan pandega, kemudian ada lomba pengelolaan website untuk Kwarcab se-Jawa Tengah. Lalu ada Festival Film Pramuka untuk anggota dewasa, podcast Pramuka untuk gugus depan, satuan kouinitas dan satuan karya, serta kuis pandu citra loka untuk anggota pramuka siaga,” jelas Eksani dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Baca juga: Bayar Rp5.500, Kebun Raya Indrokilo Boyolali Tetap Ramai Pengunjung

Sementara itu, mewakili Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, Wakil ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Humas, Agus Winarno, berharap anggota Pramuka di Boyolali dapat meningkatkan perannya di masyarakat dan dapat menjadi duta perubahan perilaku di masa pandemi ini.

“Kemudian menggiatkan kembali Pramuka Peduli di tiap-tiap Kwartir Ranting [Kwarran] dalam membantu masyarakat. Untuk itu perlu adanya pengukuhan terhadap anggota Pramuka Peduli di tiap Kwarran atau kecamatan, selain itu program-program yang sudah direncanakan dalam rapat kerja daerah bisa dilaksanakan juga di Kwartir Cabang,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya