7.000-an Unit Rumah Subsidi akan Dibangun di Boyolali, Wilayah Mana?

Di Boyolali akan dibangun lebih dari 7.000 rumah bersubsidi. Rumah tersebut akan tersebar di sejumlah kecamatan.

 ilustrasi perumahan  (Bisnis-Nurul Hidayat)

SOLOPOS.COM - ilustrasi perumahan (Bisnis-Nurul Hidayat)

Solopos,com, BOYOLALI — Sekitar 7.107 unit rumah bersubsidi akan dibangun di Kabupaten Boyolali. Jumlah tersebut tersebar di berbagai wilayah yang berdekatan dengan Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Kepada Bidang (Kabid) Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Boyolali, Tulus Raharjo, mewakili Kepada DPKP Boyolali, Hendrarto Setyo Wibowo, mengungkapkan pembangunan perumahan bersubsidi itu bergeser dari Kecamatan Ngemplak. Pasalnya lahan di Ngemplak sudah hampir penuh.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Ia mengatakan pembangunan perumahan bersubsidi sudah mulai bergeser ke arah Sambi dan Klego karena di dua tempat tersebut telah terdapat pabrik.

“Sekitar 7.107 unit itu masih dalam proses rencana dan sudah ada di data kami. Rumah berusbidi itu nanti dibangun di Sambi, Simo, Klego, kemudian ada di Karanggede, tapi sedikit,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Rabu (10/8/2022).

Tulus mengungkapkan dengan dibukanya pabrik di Sambi dan Klego mampu menarik pekerja dari luar kabupaten seperti dari Grobogan. Pembangunan perumahan bersubsidi itu untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal pekerja.

Baca Juga: Milenial Sulit Punya Rumah, Tak Ada Rumah Bersubsidi di Solo

“Di belakang pabrik yang di Klego itu rencananya ada sekitar 500-an unit yang akan dibangun. Saat ini baru persiapan untuk proses perizinan perumahan di sana,” jelas dia.

Lebih lanjut, Tulus mengungkapkan menurut data DPKP Boyolali, mulai 2015–Juli 2022 ada sekitar 5.871 unit rumah bersubsidi yang dibangun di Boyolali. Sebagian berada di Ngemplak. Perumahan itu ditinggal oleh warga yang kebanyakan bekerja di Solo, Sragen, Karanganyar, dan Sukoharjo.

“[Perumahan] yang sekitar Ngemplak itu berkembang ke arah barat seperti ke Sambi dan sebagian Simo. Sedangkan untuk pekerja di daerah Klaten dan sekitarnya bisa mengambil di wilayah Mojosongo dan Teras,” kata dia.

Kemudahan Akses jadi Prioritas

Tulus mengungkapkan area yang biasanya dicari para pengembang adalah wilayah yang memiliki akses mudah ke kota dan dekat dengan fasilitas umum seperti pasar dan sekolah.

Baca Juga: Ribuan Rumah Bersubsidi Akan Dibangun di Soloraya Tahun Ini

Ia mengungkapkan sejak 2017, Kecamatan Ngemplak banyak dilirik investor dan sudah seperti primadona perumahan baik subsidi maupun komersial.

“Kalau Ngemplak kan enggak begitu jauh dari Kota Solo dan dekat dengan pasar-pasar tradisional. Jadi perkembangan perumahan baik subsidi maupun komersial pesat, Secara jumlah lebih banyak yang subsidi karena biasanya komersial itu agak sulit untuk menjual,” terang dia.

Analis Kebijakan Ahli Madya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Boyolali, Santi Mulya Dewi, mewakili Kepala DPMPTSP Boyolali, Purnawan Raharjo, menjelaskan mekanisme perizinan perumahan subsidi di Boyolali.

rumah bersubsidi boyolali
Analis Kebijakan Ahli Madya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Santi Mulya Dewi, Senin (8/8/2022).(Solopos.com/Ni’matul Faizah)

“Sekarang kan lewat OSS [Online Single Submission], dan untuk perumahan bersubsidi di OSS juga dipermudah alias risikonya rendah,” kata dia.

Baca Juga: Pengembang Rumah Bersubsidi Soloraya Pilih Lahan di Pinggiran

Pemohon perizinan perumahan subsidi juga akan dibantu jika mengalami kesulitan. Seperti dalam  pendaftaran permohonan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan pernyataan mandiri untuk Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan (SPPL).

Santi mengungkapkan pemerintah memang memberikan kemudahan bagi pengembang perumahan bersubsidi. Pengembang hanya cukup membuat pernyataan mandiri untuk SPPL. Namun, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali akan memantau untuk pengelolaan lingkungan hidupnya.

“Kemudian, ketika mereka mau membangun, harus memenuhi PBG [Persetujuan Bangunan Gedung] dan sekarang sistemnya online lewat SIMBG. Nanti DPUPR [Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang] Boyolali yang memproses, setelah DPU selesai baru masuk ke sistem kami sehingga keluar PBG-nya,” kata dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

      Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

      Sejumlah produk minuman ringan hanya mencantumkan tambahan gula olahan dalam ukuran sendok makan, yang terkadang diabaikan karena dianggap sedikit, sehingga berpotensi menjadi racun badan di masa depan.

      Berita Terkini

      Anak 16 Tahun di Sragen Bisa Mulai Rekam Data E-KTP

      Anak-anak usia 16 tahun di Sragen sudah bisa melakukan perekaman data untuk e-KTP. Namun pencetakan e-KTP baru bisa dilakukan saat sudah berusia 17 tahun.

      Jembatan Mojo Ditutup! Catat 5 Rekomendasi Jalur Alternatif Solo - Sukoharjo

      Daftar 5 jalur alternatif melalui Jalan Ciu Bekonang saat penutupan Jembatan Mojo Solo pada Senin (26/9/2022).

      Dirawat di RSDM Solo, Polisi Korban Ledakan di Aspol Grogol Terluka Bakar 70%

      Anggota Polresta Solo yang menjadi korban ledakan di Asrama Polisi atau Aspol Grogol, Sukoharjo, masih dirawat di RSUD dr Moewardi Solo dengan luka bakar mencapai 70%

      Anomali Cuaca, Serangan Hama Wereng Kian Mengganas di Klaten

      Serangan hama wereng terjadi di beberapa wilayah di Klaten.

      Pulang Kuliah dari Solo, Seorang Mahasiswi Jadi Korban Begal di Cawas Klaten

      Seorang mahasiswi salah satu universitas di Solo menjadi korban pembegalan di ruas jalan raya Cawas-Karangdowo, tepatnya di Desa Balak, Kecamatan Cawas, Sabtu (24/9/2022) malam.

      Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo Bukan Teror Bom, tapi Bubuk Mercon

      Ledakan di dekat Asrama Polisi (Aspol) Arumbara, Desa Telukan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, pada Minggu (25/9/2022) malam dipastikan bukanlah aksi teror bom, melainkan bubuk mercon.

      Dibacok Warganya Sendiri, Ketua RT di Juwiring Klaten Terluka di Kepala

      Seorang ketua RT di wilayah Desa Trasan, Kecamatan Juwiring, Klaten menjadi korban penganiayaan oleh warganya sendiri. Belum diketahui secara jelas penyebab penganiayaan tersebut.

      Polisi Periksa 7 Saksi Ledakan di Asrama Polisi Grogol Sukoharjo

      Polisi memeriksa 7 saksi ledakan paket berisi bahan petasan di dekat Asrama Polisi (Aspol) Arumbara, Desa Telukan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (25/9/2022), malam.

      Jembatan Mojo Solo Sukoharjo Resmi Ditutup Pukul 10.30 WIB

      Jembatan Mojo Solo yang berada di perbatasan Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo resmi ditutup pada Senin (26/9/2022) pada pukul 10.30 WIB.

      Komunitas Tuli Klaten Kenalkan Bahasa Isyarat di CFD Jl Mayor Kusmanto

      Sosialisasi bahasa isyarat dimaksudkan untuk mengenal budaya tuli, mengenal cara berkomunikasi dengan orang yang memiliki kondisi tuli.

      Wali Kota Gibran Sebut Pembangunan Replika Masjid Raya Sheikh Zayed Rampung

      Wali Kota Solo Gibran memastikan peresmian Masjid Syeikh Zayed al Nahyan di Gilingan dilaksanakan pada 17 November 2022.

      Rumah Warga Gondang Sragen Digerebek, Polisi Temukan Ratusan Butir Pil Koplo

      Satresnarkoba Polres Sragen menggerebek sebuah rumah di Desa Srimulyo, Kecamatan Gondang, Sragen dan mendapati 300 pil koplo.

      Jembatan Mojo Ditutup, Jembatan Bacem Sukoharjo Jadi Tumpuan

      Pengguna jalan bisa menggunakan jembatan bacem Sukoharjo untuk memutar ke arah Bekonang atau sebaliknya.

      Polisi Jaga Ketat TKP Ledakan di Asrama Polisi Telukan Grogol Sukoharjo

      Polisi menjaga ketat lokasi ledakan di asrama brimob Sukoharjo yang menyebabkan satu anggota polisi terluka dan menjalani perawatan di RSUD dr. Moewardi Solo.

      Solopos Hari Ini: Amarta Binangun Potret Situasi Terkini

      Ribuan orang menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Amarta Binangun yang digelar Solopos Media Group (SMG) yang dinilai relevan sebagai gambaran atas tantangan zaman di era disrupsi informasi serta rintangan yang harus dihadapi.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 26 September 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (26/9/2022), bisa disimak pada artikel ini.