6 Aktivitas di Rumah untuk Anak agar Lebih Produktif

Sembari meluangkan waktu bersama anak, coba lakukan beberapa kegiatan produktif ini untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

 Ilustrasi anak bermain di rumah. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak bermain di rumah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kenyamanan berada di rumah bersama anak seharusnya tidak hanya menjadi ruang untuk kesenangan dan hiburan semata. Waktu-waktu ini juga harusnya bisa dijadikan kesempatan untuk mendorong momen pembelajaran anak, pengembangan keterampilan tertentu atau artikulasi beberapa nilai yang akan berfungsi untuk membentuk orang yang akan berguna di masa depan.

Sembari meluangkan waktu bersama anak, coba lakukan salah satu dari beberapa kegiatan produktif ini untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Memasak Bersama

Memasak tidak harus selalu rumit. Ada begitu banyak resep lezat yang menunggu untuk dimasak. Aktivitas ini penting untuk dilakukan karena memasak bersama anak akan membantunya memoles keterampilan manualnya dalam menggunakan alat dan perkakas, mengajarkan tentang matematika melalui proporsi dan ukuran, menunjukkan kepadanya nilai sebuah penungguan, mengikuti instruksi, dan memberikan tugas untuk mencapai tujuan dengan hadiah makanan yang lezat.

Membuat Kerajinan Tangan

Salah satu kegiatan khas yang dapat dilakukan di rumah bersama anak-anak dan yang tidak akan pernah ketinggalan zaman karena kemungkinannya yang tak terbatas, adalah membuat kerajinan tangan. Kamu juga sebenarnya tidak perlu menyiapkan terlalu banyak untuk membuat sesuatu yang luar biasa.

Baca Juga: Hindari Kerumunan, Ini 5 Aktivitas Menyenangkan Bareng Anak di Rumah

Belajar membuat kerajinan dapat membantu mengembangkan atau meningkatkan keterampilan pada anak. Si buah hati akan belajar untuk menggunakan peralatan, mengikuti instruksi sembari memantik kreativitas mereka.

Kegiatan seperti ini juga dapat mengajarkan anak cara tentang bagaimana sebuah benda sehari-hari akan terus dapat berguna jika diolah dengan tepat.

Belajar sambil Bermain

Melalui eksperimen di rumah, para orang tua dapat mendekatkan anak dengan sains tanpa harus menghabiskan banyak biaya. Momen belajar sambil bermain ini juga akan membuka paradigma baru bagi si anak.

Membangkitkan rasa ingin tahu tentang bagaimana dan mengapa akan mendorong anak untuk memiliki sikap mau belajar, sambil mengembangkan pemikiran logis dan kreatif.

Baca Juga: Kapan Waktu Tepat Menanamkan Kebaikan pada Anak? Ini Penjelasannya

Replikasi eksperimen juga akan membantu anak untuk mempelajari dan menerapkan konsep yang mungkin masih abstrak sebelumnya.

Bermain Game Klasik

Permainan klasik yang berbentuk analog seperti ludo, ular tangga dan beberapa jenis permainan analog lainnya telah digantikan oleh varian alternatif digital, yang meskipun tidak semuanya buruk, tidak memiliki komponen analog dan mirip dengan permainan sebenarnya.

Jadi untuk kebutuhan variasi, tidak ada salahnya untuk menyatukan keluarga di sekitar aktivitas yang sangat analog ini. Permainan ini akan mengajarkan anak cara menghormati aturan, membantunya mengembangkan kapasitas tertentu untuk pandangan ke depan, pemikiran strategis, dan mengelola perasaan yang kuat seperti frustrasi atau euforia.

Traveling Virtual

Mengingat liburan masih belum menjadi pilihan yang ideal, Internet menawarkan kemungkinan untuk bepergian secara virtual ke banyak lokasi dan menjelajahi dunia dari rumah.

Baca Juga: Kekerasan di Rumah, Siapakah yang Lebih Sering Mencubit Anak, Bapak atau Ibu?

Dengan melakukan aktivitas ini, anak akan dapat belajar tentang geografi, budaya yang beragam di dunia serta memahami bagaimana perbedaan membuat kita unik dan setara pada saat yang sama.

Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing terutama bahasa Mandarin di waktu senggang selama bonding time bersama anak mungkin kedengaran terlalu dipaksakan. Tapi eits tunggu dulu. Belajar online via LingoAce tidak sama dengan belajar biasa. Itu karena, startup ini sudah memiliki pakem pendekatan khusus yang menyatukan konsep bermain sambil belajar.

Platform e-learning ini juga menyediakan dua varian kurikulum yang cocok untuk diaplikasikan untuk anak umur 6 sampai 15 tahun. Para orang tua yang berminat dapat memilih antara kurikulum internasional atau kurikulum standar Singapura.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! Membacakan Dongeng ke Anak Punya Banyak Manfaat

Hebatnya lagi, LingoAce juga memastikan bahwa guru-guru yang mereka miliki memiliki spek terbaik. Selain harus native speaker, untuk jadi pengajar di LingoAce juga harus memiliki sederet sertifikat seperti Putonghua dengan nilai minimum “2-A” dan masih banyak lagi.

Ayo, mulai rencanakan aktivitas seru dengan belajar bahasa Mandarin di LingoAce! Daftar kelas gratisnya sekarang!


Berita Terkait

Berita Terkini

Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang praktikkan tiga senjata ini dalam lawan penyakit kardiovaskular.

Viral! Pria Buang Ratusan Telur ke Sungai, Gegara Harga Anjlok?

Aksi seorang pria yang membuang ratusan telur ke sungai di tengah harga telur yang merosot menjadi perbincangan netizen dan viral di media sosial.

Bacaan Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan, Bisa Dibaca Setiap Hari

Untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan selain dengan berusaha juga berdoa seperti bacaan berikut.

Doa Sebelum Bekerja Menurut Islam, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa sebelum bekerja menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya supaya diberkahi Allah SWT.

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.

7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Prosedur medis pengangkatan rahim pada wanita disebut histerektomi.

Viral Aksi Selfie di Tempat Berbahaya, Warganet: Auto Kaki Gemetaran

Meski insiden kecelakaan saat melakukan aksi selfie di tempat berbahaya sudah sering terjadi, namun masih ada orang berani menantang bahaya demi mendapatkan foto epic.

Duh! Gegara Penyiksaan Anjing, Pria di Magelang Doakan Aceh Tsunami

Pemilik akun Twiter yang diduga berasal dari Magelang, Jawa Tengah, mendapat kecaman netizen seletah mendoakan Provinsi Aceh terjadi tsunami.

Mengisi Waktu Senggang dengan Mewarnai bersama AnaKrea

Melalui program AnaKrea "Ayo Mewarnai", anak mendapatkan sarana mewarnai pada gambar yang telah di sediakan. Kegiatan ini sangat cocok sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat di masa pandemi.

Viral Kalimat Salam dari Binjai, Ternyata Video Ini Penyebabnya

Kalimat Salam dari Binjai viral di media sosial setelah aksi pemuda dalam video ini.

Kementerian Kesehatan Israel: Subvarian Delta AY4.2 Lebih Menular

Subvarian Delta yang kali pertama diidentifikasi di Inggris saat ini tidak dianggap sebagai varian minat atau perhatian dan belum secara resmi dinamai huruf alfabet Yunani.

8 Cara Mudah Stock Opname Inventaris Kantor

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk menjalankan stock opname inventaris kantor.

Doa Telinga Kanan atau Kiri Berdenging Menurut Islam

Berikut ini terdapata bacaan doa ketika telinga kanan atau kiri berdenging menurut Islam yang diungkap oleh Nahdlatul Ulama (NU).

Stres Kena PHK Saat Pandemi? Begini Cara Mengatasinya

Setelah kena PHK saat pandemi Covid-19, masalah keuangan bisa menjadi salah satu faktor yang membuatmu stres.