SOLOPOS.COM - Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan memimpin rapat koordinasi pengamanan pertandingan uji coba antara tim Liga 2 Persijap Jepara versus PSIS Semarang yang merupakan kontestan Liga 1, Sabtu (10/6/2023). (Polres Jepara)

Solopos.com, JEPARA — Aparat Polres Jepara siap mengamankan pertandingan uji coba antara tuan rumah Persijap Jepara melawan tim Liga 1, PSIS Semarang, Minggu (11/6/2023).

Sedikitnya 500 personel dari tim gabungan bakal mengamankan pertandingan sesama tim sepak bola asal Jawa Tengah tersebut.

Promosi Asal-usul Watu Cenik Wonogiri dan Kisah Ceruk yang Dihuni Anak Macan

Persijap Jepara saat ini berlaga di Liga 2, satu kasta di bawah tim tamu PSIS Semarang.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan pihaknya telah jauh-jauh hari menyiapkan pengamanan setelah Stadion Gelora Bumi Kartini dipilih sebagai tempat uji coba dua tim sepak bola asal Jawa Tengah tersebut.

“Kami sudah melakukan rapat koordinasi persiapan pengamanan sepak bola antara Persijap Jepara Vs PSIS Semarang dengan mengundang Satbrimobda Polda Jateng, pihak manajemen klub dan panpel, perwakilan dari masing-masing suporter kedua klub, instansi terkait seperti Kodim 0719/Jepara, Dishub, Satpol PP dan Dinas PUPR Kabupaten Jepara, Rabu (07/06/2023 kemarin,” ungkap Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat dikonfirmasi, Sabtu (10/06/2023).

Kapolres menegaskan, pihaknya mendukung penuh pengamanan sesuai tugas pokok kepolisian sehingga laga uji coba berjalan lancar.

Kapolres mengatakan, bakal ada 500 personel yang diterjunkan sebagai tim pengamanan, berasal dari Polres Jepara, BKO Sat Brimob Polda Jateng, BKO Sat Samapta Polres Kudus dan Demak, Kodim 0719/Jepara, Satpol PP, Dishub, dan security official dari panitia pelaksana.

“Personel yang diturunkan sudah terlatih untuk melakukan pengamanan dan SOP sudah siap sehingga kepolisian akan menjamin keamanan saat laga uji coba berlangsung,” ujar mantan Kapolres Sukoharjo itu, saat menghubungi Solopos.com.

Terpisah, Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono mengatakan, dalam pengamanan pihaknya menerapkan Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022.

Dalam aturan ini, keamanan di dalam stadion mengoptimalkan steward. Apabila steward tidak mampu mengatasi maka polisi akan membantu.

“Kami menindaklanjuti Perpol Nomor 10 Tahun 2022 mengingat kejadian persepakbolaan kita yang pernah ada tragedi. Maka dari itu, di Jepara, kami akan menerapkan aturan tersebut,” kata Sutono

Berdasarkan Perpol tersebut, kata dia, area luar stadion akan steril dari kendaraan bermotor roda dua dan empat.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan panpel untuk penyediaan kantong parkir di area luar stadion.

Dalam aturan ini, lanjutnya, pihaknya melakukan pengamanan di tribune suporter.

Area di dalam stadion akan dikuasai panitia atau steward.

Dia meminta suporter dan penonton umum memahami penerapan Perpol ini.

“Apabila aturan ini berhasil diterapkan dan membawa dampak bagus, bukan tidak mungkin laga uji coba Persijap vs PSIS menjadi percontohan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya