SOLOPOS.COM - Ilustrasi melawan persebaran virus Covid-19 varian Omicron. (freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo mengakui telah menemukan kasus pertama varian Omicron yang masuk di Sukoharjo. Temuan itu berdasarkan uji metode whole genome sequencing (WGS) salah satu warga Sukoharjo yang hasilnya muncul Jumat (21/1/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, ketika dihubungi Solopos.com Jumat siang. Dia membenarkan ditemukan kasus pertama varian Omicron di Sukoharjo yang hasilnya baru diketahui pada Jumat. Hingga saat ini, baru satu kasus positif Covid-19 varian Omicron di Sukoharjo dan yang bersangkutan sudah selesai menjalani isolasi mandiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Benar ada satu orang warga Sukoharjo yang terkena varian Omicron. Sebenarnya yang bersangkutan terdeteksi positif Covid-19 pada Desember 2021. Selama terdeteksi dia menjalani isolasi mandiri. Nah Omicron ini baru diketahui dari WGS dan hasilnya baru muncul hari ini [Jumat]. Tapi yang bersangkutan sudah dinyatakan sembuh per 18 Januari 2022,” jelas dia.

Baca juga: 9 Orang di Jateng Terpapar Omicron, Satu dari Sukoharjo

Sementara itu, kecurigaan risiko adanya varian Omicron diketahui dari riwayat perjalanan warga bersangkutan. Selain itu, seluruh kontak erat dari orang tersebut dilakukan uji PCR dan hasilnya negatif.

“Riwayat pasien itu sebelum terdeteksi diketahui baru pulang dari kota yang sudah ditemukan kasus positif Omicron. Alhamdulillahnya dia sangat paham prokes [protokol kesehatan] selalu pakai aplikasi PeduliLindungi. Sebelum pulang dari kota tersebut dan sampai di Sukoharjo uji antigen lagi. Pas kami temukan positif semua anggota keluarga diungsikan dan ART [asisten rumah tangga] sampai diliburkan,” beber dia.

Menerapkan Protokol Kesehatan

Yunia mengimbau masyarakat untuk terus disiplin dalam menerapkan prokes dan mengenakan masker. Selain itu, dia juga mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk segera divaksin agar bisa meminimalisasikan potensi risiko dari Omicron.

Baca juga: Omicron Merajalela, Kemana Varian-Varian Virus Corona Sebelumnya?

Diberitakan, sebanyak sembilan orang di Jawa Tengah (Jateng) terdeteksi terpapar Covid-19 varian Omicron. Dari sembilan orang itu, satu di antaranya berasal dari wilayah Sukoharjo.

Data yang diterima Solopos.com, terdeteksinya Omicron di Jateng itu diketahui melalui pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) kepada sembilan orang yang terpapar Covid-19 itu. Mereka menjalani pemeriksaan di berbagai daerah di Jateng.

Total ada empat orang yang dinyatakan terpapar Omicron dari hasil pemeriksaan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Semarang, sementara hasil WGS dari lima pasien lainnya berasal dari RS Bhayangkara Polda Jateng di Semarang, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Pekalongan, RS Pertamina Cilacap, RS Elisabeth Semarang, dan RS dr Oen Solo Baru di Sukoharjo.

Baca juga: Varian Omicron Masuk Jateng, Kapolda: Waspada & Taat Prokes

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membenarkan varian Omicron sudah terdeteksi di wilayahnya. Ia juga membenarkan ada sekitar sembilan orang di Jateng yang telah terpapar varian Omicron tersebut.

“Iya,” jawab Ganjar singkat melalui aplikasi Whatsapp (WA) kepada Solopos.com, Jumat (21/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya