5 Pedagang Pasar Jambangan Karanganyar Meninggal Positif Covid-19
BPBD Karanganyar menyemprotkan disinfektan di Pasar Jambangan, Mojogedang, Senin (8/3/2021). (Solopos/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Lima orang pedagang Pasar Jambangan, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar, yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Karanganyar telah menindaklanjuti dengan menutup sementara Pasar Jambangan pada Senin hingga Selasa (8-9/3/2021).

Baca Juga: Lapangan Kampung Sewu Solo Jadi Sarang Ular Setelah Dipakai Pasar Darurat Tanggul

Kepala Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar, Martadi, membenarkan informasi meninggalnya lima orang pedagang itu. "Mereka terkonfirmasi positif Covid-19. Inggih [meninggal]. Lima orang meninggal," kata Martadi saat dihubungi Solopos.com, Senin sore.

Tetapi, Martadi tidak mengetahui detail kasus meninggalnya lima pedagang Pasar Jambangan, Karanganyar, itu. Ia hanya mengatakan lima orang pedagang tersebut meninggal dalam kurun waktu dua pekan.

Baca Juga: Tambah 2 Orang Positif Covid-19, Pasar Jambangan Karanganyar Ditutup dan Disemprot Disinfektan

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Mojogedang 2, Kristuti Catur, menuturkan lima orang yang positif Covid-19 tersebut memiliki riwayat penyakit tertentu. "Dari lima orang itu ada yang dirawat di rumah sakit karena bergejala. Ada yang belum sempat mendapatkan perawatan kemudian meninggal," ungkapnya.

Martadi menambahkan lima orang yang meninggal tersebut sudah berumur lanjut. Tetapi Martadi tidak dapat menjelaskan rentang usia lima orang pedagang tersebut.

Baca Juga: Sebut Polisi Terima Jatah Dalam Razia Prostitusi, Pemuda Ini Dijemput Ke Mapolresta Solo

Sterilisasi

"Ya sudah lanjut usia. Menurut berita yang saya terima ada riwayat penyakit tertentu," ujarnya.

Martadi mengungkapkan Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar memulai upaya sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan pada Senin. Penyemprotan disinfektan bekerja sama dengan BPBD Karanganyar.

Baca Juga: Tergenang Air Hingga Ketinggian 90 Cm, Ini Foto-Foto Kondisi Viaduk Gilingan Solo

"Hari ini dan besok kami sterilisasi [Pasar Jambangan]. Tadi pagi kerja sama dengan BPBD Kabupaten Karanganyar. Besok kami semprot mandiri. Semua kami semprot."

Sebelumnya diberitakan, lima pedagang Pasar Jambangan, Mojogedang, positif Covid-19. Dinas Kesehatan Karanganyar kemudian melakukan tracing dan melakukan tes swab kepada sekitar 51 pedagang. Belakangan diketahui lima orang positif itu meninggal dunia. Sementara dua orang lainnya juga ikut terpapar virus corona.



Berita Terkini Lainnya








Kolom