SOLOPOS.COM - Ikuti panduan isolasi mandiri dari Kemenkes. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO—Tempat isolasi mandiri Gedung E Asrama Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di Kentingan, Kecamatan Jebres, Solo mulai terisi pasien.

Hingga Sabtu (7/8/2021) ada lima pasien yang menghuni gedung yang disebut Rumah Sehat 2 dalam program penanganan Covid-19 UNS tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Para pasien itu adalah mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan. Mereka masuk secara bertahap mulai awal Agustus lalu.

Baca Juga: Antrean Plasma Konvalensen di PMI Solo Mulai Menurun

Surat Rujukan

Wakil Pelaksana Pelaksana UNS Peduli Covid-19 Bidang Logistik, Muhammad Solihin mewakili ketuanya, Mustiwati Endah Setyandari, mengatakan kelima pasien tersebut semuanya adalah civitas academica UNS. Mereka terdiri atas 2 mahasiswa, 2 mahasiswa koas, dan 1 aparatur sipil negara (ASN).

“Sampai saat ini ada 5 pasien, yaitu 2 mahasiswa, 2 mahasiswa koas, dan 1 ASN. Mereka masuknya juga tidak bersamaan, tetapi secara bertahap,” ujarnya kepada Solopos.com, Sabtu.

Baca Juga: Rekaman Kamera CCTV Viral, Pencuri Paket Isi Sprei Milik Mahasiswi di Solo Tertangkap

Ia menjelaskan bahwa penghuni Rumah Sehat 2 tersebut sudah mengantongi surat rujukan baik dari dari Rumah Sakit (RS) UNS atau puskesmas. “Sebelum masuk tempat isolasi mandiri, mereka harus punya rujukan dari RS UNS atau puskesmas. Dan karena mereka tidak bergejala atau bergejala ringan, mereka dirujuk ke Rumah Sehat 2,” imbuhnya.

Sementara itu, selama menjalani isolasi mandiri, pasien mendapatkan fasilitas makan tiga kali sehari, multivitamin, obat-obatan. Mereka juga dapat melakukan beberapa aktivitas seperti berolahraga dan berjemur di lingkungan khusus isolasi.

Sebagaimana diketahui, dalam program penanganan Covid-19 UNS menyediakan dua tempat isolasi mandiri. Pertama adalah Rumah Sehat 1 yang berlokasi di sekitar RS UNS di Kartasura, Sukoharjo dan Rumah Sehat 2 yang berlokasi di Kentingan, Jebres. Solo

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya