SOLOPOS.COM - Ilustrasi fotografi makro (backdropexpress.com)

Solopos.com, SOLO — Memiliki hobi yang sesuai kemampuan memang menyenangkan bagi setiap orang, apalagi jika bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Contoh seperti fotografi yang belakangan menjadi primadona di dunia kreatif.

Menyalurkan hobi bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri, melainkan bisa juga bermanfaat bagi karier maupun kehidupan sosial. Tidak jarang seseorang akan memanfaatkan hobi untuk bekerja atau berbisnis yang untuk memperoleh penghasilan. Berikut lima contoh hobi yang dapat menjadi bisnis menurut akun Instagram @pengusahamuda:

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

1. Fotografi dan Videografi
Kemampuan fotografi dan videografi sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang. Setiap kegiatan atau acara apapun pasti membutuhkan sosok yang mendokumentasikan kegiatan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta yang Terjangkau

Fotografi sendiri sudah marak dikalangan remaja untuk sekedar berburu foto di spot-spot tertentu. Sementara videografi semakin berkembang dengan canggihnya ponsel sekarang dan kemunculan aplikasi-aplikasi edit video di PC maupun ponsel yang memudahkan membuat video yang kekinian.

Orang yang mempunyai kedua hobi tersebut bisa menyalurkan ke bisnis kursus foto dan videografi. Seseorang yang membuka kursus foto atau videografi akan memperoleh pengalaman, relasi, dan juga penghasilan tambahan daripada hanya sekedar hobi.

Orang yang mempuyai bakat fotografi dan videografi juga bisa menjajal menjadi freelancer. Freelancer dapat mendapatkan penghasilan dengan menjadi fotografer atau videografer di acara pernikahan, wisuda, atau acara-acara besar lainnya tanpa terikat oleh perusahaan.

Bagi yang mempunyai modal atau mempunyai alat yang banyak bisa menyewakan kamera ke orag lain dengan syarat dan persetujuan kedua belah pihak. Namun perlu diingat perawatan kamera harus diutamakan agar hasil foto atau video bisa maksimal dan penyewa kamera juga puas.

2. Olahraga

Baca Juga: Mau Lebih Produktif di Rumah? Ini 5 Inspirasi Hobi yang Seru

Orang yang mempunyai hobi olahraga apapun bisa menjadikannya bisnis dan memperoleh penghasilan. Pertama menjadi pelatih olahaga apapun. Seperti contoh membuka les privat renang lalu mengajarkan hobi yang dia miliki kepada orang lain hingga lancar berenang.

Kedua menyewakan alat olahraga menjadi pilihan yang tepat jika kamu mempunyai modal untuk membelinya. Seperti halnya mendaki gunung sangat memerlukan alat-alat pendakian dan itu menjadi peluangmu untuk menyewakan alat.

3. Menulis
Orang yang mempunyai hobi menulis dapat mejajal keberuntungan dengan mengirim cerpen, artikel, atau essay ke media cetak maupun online. Ketika tulisannya dimuat dia akan mendapatkan hadiah atau reward dari hasil karyanya. Jadi rajinlah mengirim karya ke media agar mendapatkan penghasilan tambahana dari situ.

Orang yang mempunyai hobi menulis juga bisa menjadi penulis profesional seperti Tere Liye, Habiburrahman El Shirazy, Andrea Hirata, Pidi Baiq, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pencinta Touring Wajib Tahu! Boks Motor bisa Dibikin Custom, Harganya Aman Buat Dompet

4. Memasak
Orang yang mempunyai hobi memasak dapat membuka kursus untuk mereka yang berminat di bidang kuliner. Anda juga dapat membuat video tutorial untuk diunggah ke Youtube. Saat akun Yotube sudah memiliki 1.000 subscriber, maka iklan akan muncul dan Anda akan memperoleh penghasilan.

Kemampuan memasak bisa menjadi bisnis dengan membuka jasa katering. Jasa ini sangat dibutuhkan di acara-acara besar seperti pesta pernikahan, acara perusahaan, dan lainnya.

Baca Juga: Ini Alasan Hobi Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

5. Fashion and Beauty
Hhobi yang dapat menjadi peluang bisnis selanjutnya adalah tata rias dan fesyen. Hobi itu bisa disalurkan dengan menjadi seorang influencer. Influencer bisa dengan mengisi di kelas kecantikan atau kelas mode dan memperkenalkan produk klien lewat media sosial seperti Instagram atau Twitter.

Dia juga bisa memanfaatkan media sosialnya untuk memperoleh penghasilan lebih dengan mengulas produk-produk dari kliennya atau disebu review brand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya