SOLOPOS.COM - Ilustrasi menekuni hobi melukis (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Tak hanya bisa menjadi sumber penghasilan, hobi ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Jadi, jika di masa pandemi Covid-19 ini Anda merasa stres atau depresi maka tak ada salahnya kembali menekuni kegiatan yang Anda sukai.

Tips kesehatan kali ini membahas manfaat hobi untuk kesehatan mental kita. Melansir dari brit.co, Sabtu (22/5/2021), ahli saraf, musisi, dan konsultan untuk aplikasi pembelajaran gitar Fender, Fender Play, Daniel Levitin, mengatakan berinvestasi dalam hobi dapat memperkaya kehidupan pikiran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini sejumlah alasan hobi bermanfaat untuk kesehatan mental seperti mengutip laman Bisnis.com, Sabtu (22/5/2021):

1. Mengurangi stres

Hobi adalah penawar sempurna untuk stres karena pekerjaan multitasking dan pekerjaan berbasis komputer sehingga bermanfaat untuk kesehatan mental. Penelitian menunjukkan, bahwa kesehatan fisik dan kesehatan mental mendapat manfaat ketika menggunakan waktu senggang untuk sesuatu yang konstruktif, tetapi menyenangkan.

Baca Juga: Hb Rendah Pertanda Kekurangan Hemoglobin, Ketahui Penyebabnya

2. Hobi membuat kreatif

Melukis, mengolah kayu, atau memanggang muffin, Anda tidak hanya menghasilkan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, Anda juga melibatkan jaringan kreatif otak. Pengejaran kreatif adalah tindakan eksperimental.

“Tindakan eksperimen ini memperluas jaringan saraf di otak kita, membuat hubungan antara sirkuit di otak yang mungkin tidak terhubung. Ini sebenarnya memodulasi tingkat hormon perasaan-baik dopamin dan opioid di otak” kata Levitin.

Meskipun persepsi populer cenderung mengaitkan tipe kreatif dengan penyakit mental, penelitian menunjukkan bahwa pengejaran imajinatif sebenarnya restoratif untuk kesehatan mental. Saat melakukan hobi kreatif, mungkin juga menemukan diri Anda dalam keadaan mental yang mengalir.

Menurut psikolog Mihaly Csikszentmihalyi, bahwa konsep mengalir terkadang lebih dikenal sebagai masuk. Lebih spesifiknya, seperti sedang terlibat dalam suatu aktivitas yang hampir mencapai fokus meditatif. Misalnya, ketika Anda duduk atau membaca buku, atau bermain piano, pikiran Anda tenang dan fokus. Itu mengalir begitu saja. Masuk ke dalam keadaan terfokus ini meningkatkan kesadaran, yang dikenal dengan efek positif pada stres dan kecemasan.

Baca Juga: Sindrom Anak Tunggal, Mitos atau Fakta?

3. Meningkatkan citra diri

Ketika citra diri perlu mendapat perhatian, Anda biasanya menggunakan media sosial untuk mendapatkan tanda suka konten yang diunggah. Tetapi untuk hasil yang lebih baik, cobalah menyelami hobi favorit Anda. Menghabiskan waktu untuk kesenangan diri sendiri adalah hadiah pribadi. Beberapa hobi menghasilkan hadiah yang sebenarnya dapat Anda berikan kepada orang lain.

Memberikan kartu buatan tangan atau memberkati teman dengan bakat musik Anda bisa sangat membantu meningkatkan getaran baik. Hobi juga berfungsi untuk menjauhkan kegelisahan dengan membantu mengasah keahlian yang berharga. Jenis penguasaan keterampilan ini telah dikaitkan dengan berkurangnya tekanan psikologis. Menariknya, survei yang dilakukan oleh Fender menemukan bahwa, orang yang bermain gitar sebagai hobi telah meningkatkan kesabaran, kepercayaan diri pada diri dan keterampilan, etos kerja dan ketekunan.

4. Menghubungkan dengan orang lain

Manfaat hobi untuk kesehatan mental adalah bisa membuat Anda terkoneksi dengan orang lain. Sejumlah hobi dilakukan dalam kelompok, atau cocok untuk berkolaborasi dengan orang lain. Hobi baru bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang baru dan menjalin persahabatan, meskipun itu virtual. Pengalaman bersama meningkatkan kenikmatan aktivitas dan membantu merasa tidak terlalu terisolasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya