SOLOPOS.COM - The Exorcism of Emily Rose (Youtube)

Solopos.com, SOLO — Film horor termasuk salah satu genre film yang diminati masyarakat. Ternyata tidak sedikit film horor yang diangkat dari kisah nyata yang memang menyeramkan.

Berikut lima film horor yang diangkat dari kisah nyata sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

The Haunting in Connecticut

The Haunting in Connecticut
The Haunting in Connecticut (Youtube)

The Haunting in Connecticut bermula ketika Sarah dan anaknya Matt yang menderita kanker dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Sarah mengaku lelah jika ia harus mengantar anaknya pulang pergi dari rumah ke rumah sakit yang jaraknya sangat jauh. Setelah berdiskusi dengan suaminya, Sarah memutuskan untuk menyewa rumah di daerah Connecticut.

Dia berhasil menemukan sebuah rumah yang disewakan. Namun, pemiliknya memperingatkan Sarah bila rumah ini memiliki “sejarah”. Pemilik tersebut menawarkan Sarah untuk menempati rumah itu secara gratis selama satu bulan. Karena kondisi yang mendesak, Sarah menerima tawaran itu meskipun ia ragu setelah mendengar cerita aneh dari rumah yang ia tempati.

CW Rilis Kostum Pertama Batwoman Versi Javicia Leslie

The Haunting in Connecticut merupakan kisah nyata yang dialami keluarga bernama Snedekers. Mereka pindah di rumah yang berada di Southington, Connecticut. Sang ibu, Carmen Snedeker, mulai merasakan kejanggalan setelah menemukan beberapa alat di basement yang digunakan untuk pemakaman.

Mereka menyadari jika rumah tersebut dulunya digunakan sebagai tempat pengurus jenazah setelah anak sulung mereka mengaku melihat hantu dan bermimpi buruk. Film yang dirilis pada 27 Maret 2009 ini berdurasi 102 menit dan berhasil meraup keuntungan mencapai US$77 juta atau setara Rp1,08 triliun.

The Rite

The Rite film horor
The Rite (Youtube)

The Rite menceritakan tentang Michael Kovak, seorang pemuda yang ingin mempelajari exorcism atau pengusiran setan. Michael tidak percaya dengan hal-hal gaib seperti exorcism yang berada di luar nalar manusia. Ketika ia mencoba untuk berhenti mempelajari ilmu tersebut, Michael bertemu dengan Matthew yang meyakinkan ia untuk tetap mempelajari exorcism.

Ketika Michael kembali ke Roma, ia menyaksikan seorang pendeta sedang melakukan proses pengusiran setan kepada perempuan yang menganduk anak dari ayahnya sendiri. Michael membantu proses pengusiran tersebut namun gagal. Perempuan dan anak yang dikandungnya tewas.

Jinny dan Lea Tampil Menawan di Teaser Comeback Secret Number

Michael menyadari pendeta tersebut telah dirasuki setan yang sebelumnya berada di perempuan yang meninggal sebelumnya. Ia mencoba melakukan proses pengusiran setan kepada pendeta tersebut dan akhirnya berhasil.

Film horor ini dirilis pada 26 Januari 2011. Film berdurasi 113 menit ini meraup untung US$96 juta atau setara Rp1,3 triliun. Anthony Hopkins yang merupakan aktor Hollywood ternama juga ikut memerankan Lucas Trevant pada film ini.

The Exorcism of Emily Rose

The Exorcism of Emily Rose
The Exorcism of Emily Rose (Youtube)

Cerita The Exorcism of Emily Rose bermula ketika Emily Rose, seorang gadis yang diduga kesurupan dinyatakan tewas setelah proses pengusiran setan. Cerita bermula dengan kasus pengadilan yang terjadi setelah kematian Emily.

Pendeta yang melakukan proses pengusiran setan mengatakan iblis yang berada pada Emily memperkenalkan dirinya ketika exorcism yang pertama, setelah itu Emily menolak untuk melakukan exorcism lagi. Emily juga berhenti mengonsumsi obat yang membantunya melawan epilepsi karena tahu bahwa ia akan mati tidak lama lagi.

Cerita ini didasarkan pada Anneliese Michel, seorang perempuan kelahiran Bavaria pada 1952. Ketika Michel berumur 16 tahun, ia menderita penyakit epilepsi yang memaksanya mengonsumsi obat demi meredakan penyakitnya. Obat tersebut ternyata memiliki efek samping yang mana membuatnya depresi dan ingin bunuh diri.

Ini Pengemudi Pajero Sport Ugal-Ugalan Pakai Sirene & Strobo di Jalanan Solo

Dia mulai melihat hal-hal aneh dan membenci apa pun yang berkaitan dengan gereja. Hal ini membuat keluarganya terpaksa memanggil pendeta untuk menjalankan proses pengusiran setan.

The Exorcism of Emily Rose dirilis pada 9 September 2005. Film horor ini berdurasi 121 menit dan menghasilkan keuntungan US$144 juta atau setara Rp2,03 triliun.

Annabelle

Annabelle film horor
Annabelle (Youtube)

Annabelle bermula ketika pasangan Mia dan John Gordon memberi tahu Ed dan Lorraine Warren mengenai boneka berhantu. Boneka tersebut dinamai Annabelle karena arwah anak tetangganya yang membunuh kedua orang tuanya sendiri dan kemudian bunuh diri.

Arwah Annabelle masuk ke boneka tersebut dan tidak akan pergi sampai dia mengambil nyawa seseorang. Boneka Annabelle sampai saat ini masih disimpan di Museum Ed dan Lorrien Warren. Penggabaran wajah Annabelle dalam film berbeda jauh dengan boneka aslinya. Boneka Annabelle terlihat layaknya boneka biasa dengan kancing sebagai kedua matanya.

Boneka tersebut didoakan sebanyak dua kali dalam sepekan untuk menghindari kebangkitan roh jahat. Annabelle dirilis pada 3 Oktober 2014. Film ini berdurasi 99 menit dan meraup keuntungan US$257 juta atau setara Rp3,6 triliun.

The Conjuring

film horor The Conjuring
The Conjuring (Youtube)

Film horor yang diangkat dari kisah nyata berikutnya adalah The Conjuring. Kisah bermulai ketika sebuah keluarga pindah ke rumah baru yang ternyata angker. Mereka merasakan kejanggalan di rumah tersebut sampai suatu ketika anjing mereka ditemukan mati.

Beberapa ahli paranormal dipanggil keluarga tersebut untuk menyelidiki rahasia rumah yang mereka tinggali. Mereka akhirnya mengetahui pemilik rumah yang mereka tinggali dulunya mengorbankan anaknya dan mengutuk daerah tersebut. Arwahnya sekarang menghantui rumah tersebut dan siapa pun yang menghuni rumah itu.

Pemuda Asal Sumatra Aniaya Sopir Taksi Online di Banjarsari Solo



Ed dan Lorraine Warren yang merupakan ahli paranormal dalam The Conjuring merupakan investigator paranormal dalam dunia nyata. Meskipun Ed sudah meninggal ketika The Conjuring diproduksi, Lorraine mampu menjelaskan detail kejadian selama film dibuat.

Berbeda dengan filmnya, keluarga yang tiggal di rumah berhantu tersebut baru mengalami kejadian aneh setelah tinggal selama sembilan tahun sebelum memutuskan untuk pergi dari situ.

The Conjuring rilis pada 19 Juli 2013. Film horor ini berdurasi 112 menit dan berhasil meraup keuntungan mencapai US$319 juta atau setara Rp 4,5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya