5 Bulan Dirawat, RSUD Dr. Soetomo Berhasil Pisahkan Bocah Kembar Siam

Tim dokter RSUD Dr. Soetomo berhasil memisahkan bocah kembar siam asal NTB.

 Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menjenguk dua bocah kembar siam yang berhasil dipisahkan oleh tim dokter RSUD Dr. Soetomo, Selasa (28/6/2022). (Istimewa/kominfo.jatimprov.go.id)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menjenguk dua bocah kembar siam yang berhasil dipisahkan oleh tim dokter RSUD Dr. Soetomo, Selasa (28/6/2022). (Istimewa/kominfo.jatimprov.go.id)

Solopos.com, SURABAYA — Bocah kembar siam asal Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), berhasil dipisahkan melalui serangkaian operasi medis di RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur. Saat ini, dua bocah yang awalnya dempet dada dan perut itu sudah pisah.

Kedua bocah kembar siam itu bernama Annaya Rizka Ramadhani dan Innaya Rizka Ramadhani atau Annaya dan Innaya. Kedua bocah itu akhirnya diizinkan pulang ke kampung halamannya di Lombok Timur, Selasa (28/6/2022), setelah menjalani perawatan selama lima bulan pasca operasi pemisahan.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Direktur RSUD Dr. Soetomo, Joni Wahyuhadi, didampingi tim dokter kembar siam, Martono, mengatakan bocah kembar siam Annaya dan Innaya ini pertama kali tiba di RSUD Dr. Soetomo pada 31 Januari 2022.

Joni menuturkan setelah melalui berbagai tahapan pemeriksaan akhirnya diputusakan untuk melakukan operasi pemisahan pada 15 Februari 2022. Operasi pemisahan Annaya dan Innaya berlangsung selama 10 jam. Waktu itu, pelaksanaan operasi bahkan disaksikan langsung Bupati Lombok Timur secara online.

Baca Juga: Miris! 578 SD Negeri di Ponorogo Kekurangan Murid Baru

Setelah menjalani masa perawatan dan pemulihan pasca pemisahan selama lima bulan penuh, kata dia, akhirnya dua bocah tersebut diizinkan oleh tim dokter untuk pulang.

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik utamanya pada kasus kembar siam pada anak. Hingga saat ini total 114 anak sudah kami lakukan operasi. Kami Tim RSUD Dr. Soetomo kembar siam tidak hanya mengoperasi saja tapi juga melakukan konsultasi dan mendampingi banyak tim dokter penanganan operasi kembar siam di Indonesia,” ungkapnya yang dikutip dari kominfo.jatimprov.go.id, Rabu (29/6/2022).

Pada Selasa, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menjenguk sekaligus melepas kepulangan Annaya dan Innaya dari RSUD Dr. Soetomo untuk pulang ke kampung halamannya.

Baca Juga: Ditipu Makelar Tanah, Warga Ponorogo Rugi Ratusan Juta Rupiah

Khofifah menuturkan kepulangan bocah kembar siam yang lahir pada 8 Mei 2019 itu merupakan buah keberhasilan dan hasil kerja kolektif dari seluruh tim dokter pemisahan kembar siam RSUD Dr. Soetomo.

Dia mengatakan Annaya dan Innaya merupakan kembar siam ke-114 yang berhasil ditangani tim dokter rumah sakit milik Pemprov Jatim ini. Sejak konsultasi sebelum pemisahan, proses operasi pemisahan, hingga pasca pemisahan, kondisi Annaya dan Innaya terus dipantau dengan cermat.

“Dari proses pasca operasi pemisahan, saya terus mengikuti perkembangan Annaya dan Innaya. Sehingga saya bisa membayangkan sebelum dan sesudah operasi perkembangan Annaya dan Innaya ini seperti apa,” jelasnya.

Baca Juga: Tiga Outlet Holywings di Surabaya Ditutup, Ini Dasar Penutupannya

Setelah melihat perkembangan bayi kembar siam yang terus tumbuh sehat, Khofifah menyatakan rasa syukur dan memberikan apresiasi dan terima kasih  kepada seluruh tim dokter yang bekerja keras memberikan layanan kesehatan terbaik.

“Ini adalah bentuk ikhtiar dari pemberian layanan kesehatan dan kemanusiaan yang kita lakukan secara borderless atau tanpa batas. Layanan kesehatan dan kemanusiaan seperti ini menjadi penting bagi kita semua,” tegasnya.

Lebih lanjut, Khofifah menyampaikan keberhasilan operasi kembar siam yang dilakukan tim dokter RSUD Dr. Soetomo ini membuktikan SDM dan kemajuan teknologi yang dimiliki sudah sangat canggih. Bahkan, tim dokter rumah sakit pelat merah tersebut juga tengah memberikan mentoring bagi dokter-dokter rumah sakit provinsi lain terkait penanganan kasus kembar siam.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      + PLUS Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      Karya seni rupa—mayoritas lukisan—dipamerkan dan diperjualbelikan bersama barang-barang antik, unik, langka, dan klasik di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjasari, Kota Solo, Jawa Tengah.

      Berita Terkini

      Suhu Capai 33 Derajat Celcius, Simak Prakiraan Cuaca Madiun Kamis Ini

      Simak prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Kamis 18 Agustus 2022.

      Unik! 77 Petugas Kebersihan di Madiun Upacara Gunakan Crane

      Sebanyak 77 petugas kebersihan di Kota Madiun lakukan upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dengan menggunakan crane.

      Tunjungan Plaza 1 Surabaya Terbakar, Ini Penyebabnya

      Penyebab kebakaran yang terjadi di Tunjungan Plaza 1 Kota Surabaya diduga karena ini.

      Kasatlantas Madiun Tuduh Jurnalis Lecehkan Istrinya, Ini Kata Kapolres

      Kapolres Madiun, AKBP Suryono menyampaikan permintaan maaf terkait persoalaan Kasatlantas yang menuduh wartawan melecehkan istrinya.

      Tunjungan Plaza Surabaya Kebakaran, Pengunjung Berlarian Keluar

      Pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza (TP) 1 yang ada di Jl. Jenderal Basuki Rahmat, Kota Surabaya, Jawa Timur, mengalami kebakaran, Rabu (17/8/2022) sore.

      HUT Ke-77 Indonesia, Wali Kota Madiun Ajak Teladani Semangat Pahlawan

      Ratusan orang secara khidmat mengikuti upacara bendera HUT ke-77 Republik Indonesia di Kota Madiun.

      HUT Ke-77 RI, Eks Napi Teroris di Ponorogo Terima Bendera Merah Putih

      Seorang mantan napi teroris di Kabupaten Ponorogo menerima bendera merah putih saat peringatan HUT Republik Indonesia.

      Istrinya Tak Sengaja Disentuh Jurnalis, Perwira Polisi di Madiun Berang

      Kasatlantas Polres Madiun Kota, AKP Dwi Jatmiko, berang dan menuduh seorang wartawan telah melecehkan istrinya di acara upacara peringatan Kemerdekaan RI di Alun-alun Kota Madiun.

      Peringati Kemerdekaan RI, Murid di Ponorogo Bentangkan Bendera 77 Meter

      Bendera sepanjang 77 meter dibentangkan oleh puluhan murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Ponorogo, untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia.

      Farel Prayoga dapat Pesan dari Presiden Jokowi, Apa Hayo?

      Farel Prayoga yang sukses menghibur pejabat dan tamu undangan di Istana Merdeka dengan nyanyiannya Ojo Dibandingke mendapat pesan spesial dari Presiden Jokowi.

      Profil Farel Prayoga, Penyanyi Banyuwangi Bikin Iriana Jokowi Goyang

      Inilah profil dan biodata Farel Prayoga yang membuat Ibu Negara, Iriana Jokowi, dan sederet pejabat di Istana Merdeka bergoyang pada Rabu (17/8/2022).

      Peredaran 36,3 Kg Sabu-Sabu di Pelabuhan Tanjung Perak Diungkap

      Aparat Polres Tanjung Perak Surabaya mengungkap peredaran sabu-sabu seberat 36,3 kg.

      3 Rekomendasi Nasi Pecel Legendaris Madiun, Salah Satunya Favorit SBY

      Anda pernah mencicipi nasi pecel legendaris di Madiun, Jawa Timur? Makanan dari campuran berbagai jenis sayuran hijau yang disiram bumbu kacang ini meninggalkan cita rasa gurih di lidah.

      Diduga Lecehkan Murid, Pelatih Taekwondo di Malang Ditangkap

      Seorang pelatih taekwondo di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), dituduh telah melakukan pelecehan seksual terhadap muridnya selama lima tahun, mulai 2016-2021.

      Nenek Saetun Diduga Meninggal 4-5 Hari Lalu, Ditemukan di Tempat Tidur

      Seorang perempuan lanjut usia (lansia), Saetun, 78, ditemukan meninggal dunia di rumahnya pada Senin (15/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Madiun Selasa: Berawan & Suhu Capai 32 Derajat Celcius

      Prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Selasa 16 Agustus 2022.