SOLOPOS.COM - Ilustrasi alternatif minyak yang lebih sehat. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Tidak perlu risau dengan harga minyak goreng yang sedang mahal lantaran ada sejumlah alternatif minyak yang lebih sehat dan baik untuk tubuh.  Untuk keperluan menggoreng atau menumis sehari-hari, para bunda bisa mencoba memakai bahan ini.

Selain itu, minyak alternatif ini lebih sehat bagi tubuh lantaran hanya mengandung sedikit lemak jahat. Nah bagi Anda yang ingin mengganti bahan untuk menggoreng, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Promosi Dukung UMKM Go Ekspor, BRI Berangkatkan UMKM Kopi Gravfarm Ikuti Expo di AS

Berikut ini deretan alternatif minyak yang lebih sehat seperti dikutip dari hellosehat.com pada Senin (21/3/2022):

1. Minyak zaitun murni (extra virgin olive oil)

Pada urutan pertama, alternatif yang paling baik untuk masak adalah minyak zaitun murni. Minyak zaitun murni merupakan salah satu sumber lemak tidak jenuh tunggal. Sehingga, minyak ini bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol jahat Anda tetap rendah dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Baca Juga: Wah, 20 Pelaku Usaha Dipanggil Terkait Dugaan Kartel Minyak Goreng

Minyak ini juga mengandung antioksidan tinggi yang disebut dengan polifenol, yang dapat melindungi jantung Anda. Anda bisa menggunakan minyak ini untuk mengukus sayuran atau untuk menumis sayuran, serta minyak ini paling pas digunakan sebagai salad dressing.

2. Minyak kanola

Minyak kanola juga dapat menjadi pilihan baik untuk masak. Kanola atau Canola adalah singkatan dari (Canada oil low acid). Minyak kanola merupakan jenis minyak yang mengandung lemak tidak jenuh tunggal. Walaupun tidak banyak mengandung antioksidan karena banyak dilakukan pemrosesan, namun minyak kanola kaya akan asam alfa-linoleat, bentuk dari omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Kisah Emak-Emak Klaten yang Geregetan saat Minyak Goreng Melimpah

Minyak kanola mempunyai rasa yang netral dan juga titik asap yang tinggi, sehingga baik untuk memanggang dan menumis. Titik asap merupakan salah satu hal yang penting dipertimbangkan dalam memilih minyak untuk memasak di panas yang tinggi, seperti untuk menggoreng atau memanggang. Minyak kanola dapat digunakan untuk semua teknik memasak, tetapi jangan pernah menggunakannya secara berulang karena minyak ini tidak stabil setelah dipanaskan.

3. Minyak kenari

Minyak ini termasuk dalam minyak yang mengandung lemak tidak jenuh ganda dan juga mengandung omega-3. Minyak kenari mempunyai rasa seperti kacang, sehingga baik digunakan sebagai salad dressing atau untuk memanggang. Namun, minyak ini tidak tahan lama, jika Anda membeli minyak ini dalam botol kecil dan disimpan dalam kulkas, hanya akan bertahan sampai 3 bulan.

Baca Juga:  Pemerintah Gagal Atasi Masalah Minyak Goreng?

4. Minyak kacang

Minyak kacang tanah memiliki titik asap yang tinggi, sehingga menjadi pilihan baik untuk memasak dalam suhu tinggi, seperti untuk memanggang dan menumis. Minyak kacang tanah mengandung fitosterol, yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit kanker.

5. Minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari mengandung lemak tidak jenuh ganda yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Karena telah dilakukan pemrosesan, minyak ini lebih stabil dan cocok untuk memasak dalam suhu tinggi. Minyak ini baik untuk menggoreng dan dapat menjadi pengganti mentega.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya