SOLOPOS.COM - Ilustrasi strop persebaran virus corona. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN -- Empat pekerja salah satu pabrik di Klaten menjalani isolasi mandiri karena menjadi kontak erat pasien positif corona asal Colomadu, Karanganyar.

Sebelumnya, seorang pria berusia 48 tahun asal Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, yang positif corona diketahui bekerja di pabrik wilayah Klaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pabrik itu berlokasi di wilayah Kecamatan Ceper. Sedangkan pasien itu saat ini menjalani perawatan di RSPAU Yogyakarta.

Berstatus PDP Corona, Tenaga Kesehatan Pertama di Soloraya Asal Grogol Sukoharjo Meninggal

Setelah mendapat kabar pekerja pabrik  di Klaten asal Colomadu positif corona, Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten langsung melakukan tracing.

Anggota Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Covid-19 Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan pelacakan dilakukan terhadap teman kerja pasien itu.

Hasilnya, empat pekerja pabrik di Klaten itu pernah melakukan kontak erat dengan pasien corona tersebut. Sedangkan karyawan lain tidak ada kontak dengan warga Colomadu tersebut.

“[Empat kontak erat dengan pekerja pabrik di Klaten yang positif corona] Mulai kami datangi tadi sudah kami minta isolasi mandiri di rumah,” kata Anggit yang juga Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Klaten, Sabtu (18/4/2020).

Jumlah Pasien Positif Covid-19 Asal Sragen Bertambah Jadi 5 Orang

Anggit mengatakan keempat pekerja di Klaten yang menjadi kontak erat pasien positif corona tersebut akan menjalani rapid test pada Senin (20/4/2020).

Sumber Penularan

Anggit menjelaskan tidak semua karyawan yang satu pabrik dengan pasien terkonfirmasi positif asal Karanganyar diminta menjalani isolasi mandiri serta rapid test.

“Kontak erat itu mereka yang pernah memiliki riwayat bertemu dengan pasien tersebut. Dia [pasien positif asal Karanganyar] di pabrik tersebut bukan di bagian produksi tetapi bertugas di ruangan,” urai dia.

Fenomena Cacing Keluar dari Tanah Juga Terjadi di Klaten & Sukoharjo

Koordinator Wilayah I Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Ronny Roekminto, mengatakan masih menggali informasi dari mana pekerja pabrik di Klaten itu tertular dan positif corona.

“Ada yang bilang itu masuk Klaster Gowa ada juga yang bilang tidak. Ini yang kami telusuri,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya