Tutup Iklan
4 Olahan Unik Kue Klepon Kreasi Wong Solo Ini Bikin Kagum
Minuman klepon (Instagram/geek.co)

Solopos.com, SOLO — Kue klepon yang sempat viral lantaran disebut tak islami, di tangan wong Solo dan sekitarnya bisa jadi olahan makanan unik. Jajanan tradisional berbahan dasar tepung ketan ini disulap menjadi aneka makanan yang dijamin bikin kagum.

Ya, beberapa pengusaha kuliner di Solo dan sekitarnya menjual variasi olahan kue klepon. Klepon tak hanya disajikan dalam bentuk bulat dan warna hijau seperti umumnya. Ada juga yang mengadopsi tampilan klepon menjadi kue lain yang tak kalah enaknya.

Bahkan ada juga yang menyulap klepon menjadi minuman lho. Bikin kagum kan? Yang jelas semua kreasi itu muncul sebelum kue klepon viral lantaran dianggap tidak islami.

Heboh Video Kericuhan di Tugu Adipura Sragen Beredar Via WA, Begini Ceritanya

Berdasarkan penelusuran Solopos.com via Instagram, berikut beberapa variasi olahan klepon yang bisa ditemui Solo dan sekitarnya:

Nastar Klepon

Jika biasanya nastar diisi dengan selai nanas, kali ini kue khas Lebaran ini diisi dengan cairan gula jawa dan ditaburi dengan parutan kelapa. Kue berbentuk bulat ini memang dibuat menyerupai klepon, jajanan tradsional yang saat ini tengah viral.

Selain isiannya, warnanya pun dibuat layaknya jajanan klepon pada umumnya, yaitu hijau. Tekstur kue yang lembut dipadukan dengan manisnya gula jawa dan gurihnya santan menambah cita rasa nastar klepon ini.

Satu kemasan nastar klepon yang dijual perusahaan katering asal Karangasem, Laweyan, Solo, Pambudi Barokah Catering ini dihargai Rp38.000 per 250 gram dan Rp70.000 per 500 gram.

Update Covid-19, Sehari Kasus Terkonfirmasi Positif di Wonogiri Tambah 38 Orang

Minuman Klepon

Makan klepon secara langsung mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika klepon dijadikan minuman yang manis dan segar? Ya, usaha food and beverage asal Blulukan, Colomadu, Karanganyar, Geek.co, menjual minuman unik bercita rasa mirip klepon.

Minuman yang diberi nama nu klepon ini sebenarnya adalah perpaduan antara susu sapi segar, gula aren, dan sari pandan, lalu diaduk dan ditambahkan es agar semakin nikmat. Minuman ini dijual seharga Rp15.000 per botol.

Solopos Hari Ini: Cepat Sembuh, Awas Meledak

Es Blend Klepon

Tak hanya minuman bercita rasa klepon, es blend klepon menjadi salah satu minuman unik dari klepon. Es blend klepon ini merupakan minuman cokelat yang diblender kemudian disajikan di dalam gelas, lengkap dengan parutan keju dan choco cips.

Yang membuatnya tak biasa adalah topping klepon yang ditambahkan di atasnya. Minuman unik ini hanya bisa dipesan secara online via Gofood Solo Klepon mulai pukul 12.00 WIB-22.00 WIB. Namun, saat ini pemilik usaha kuliner ini rupanya tak lagi aktif berjualan via Gofood.

Auto Jajan! Tenant Baru di SGM Solo Sajikan Olahan Seafood Harga Miring

Klepon Rainbow

Klepon rainbow atau klepon pelangi merupakan daftar variasi olahan klepon unik lainnya di Solo dan sekitarnya. Berbeda dengan klepon-klepon pada umumnya yang berwarna hijau, klepon rainbow ini dibuat menyerupai warna pelangi, merah, kuning, dan hijau.

Sesuai warnanya, klepon rainbow memiliki tiga jenis varian rasa yaitu stroberi, keju, dan teh hijau alias green tea. Setiap variannya ditaburi dengan parutan kelapa. Klepon unik yang dihargai Rp5.000-Rp8.000 ini dijual menggunakan booth makanan kecil, tepatnya di daerah Cemani, Grogol, Sukoharjo. Tertarik mencoba aneka olehan dari klepon di atas?


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho