3,93 Juta Penduduk di Jateng Masuk Kategori Miskin

Jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah atau Jateng mengalami penurunan dari 4,11 juta orang, menjadi 3,93 juta orang.

 Ilustrasi warga miskisn. (Antara-Aprilio Akbar)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga miskisn. (Antara-Aprilio Akbar)

Solopos.com, SEMARANGBadan Pusat Statisik (BPS) Jawa Tengah (Jateng) merilis data terbaru penduduk miskin di wilayah tersebut, Senin (17/1/2022). Berdasarkan data BPS, jumlah penduduk miskin di Jateng hingga September 2021 mencapai 3,93 juta orang.

Angka tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan jumlah penduduk miskin di Jateng pada Maret 2021, yang mencapai 4,11 juta orang. Secara persentasi, kemiskinan Jateng pada September 2021 berada di angka 11,25%, atau mengalami penurunan 0,54% dibanding bulan Maret 2021.

PromosiJejak Pabrik Serat Nanas Pemasok Eropa di Mojogedang Karanganyar

“Ada penurunan 175,740 orang,” kata Kepala BPS Jateng, Adhi Wiriana, dalam rilis lndeks Kemiskinan dan Ketimpangan Pengeluaran Penduduk BPS Jawa Tengah 2021, Senin.

Baca juga: Tingkat Kemiskinan Jateng Masih 10,8%

Jika dihitung sejak periode September 2020 hingga September 2021. Angka penurunan kemiskinan menjadi lebih besar. Yakni turun dari 4,12 juta orang menjadi 3,93 juta orang. Atau turun 185.920 orang.

BPS juga mencatat pertumbuhan ekonomi Jateng naik 2,56 persen (year to year) selama triwulan ketiga 2020 terhadap triwulan ketiga 2021.

Selain kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka (TPT) pun mengalami penurunan dari 6,48 persen pada Agustus 2020 menjadi 5,95 persen pada Agustus 2021.

Salah satu faktor penurunan kemiskinan dan pengangguran ini menurut Adhi adalah beragam program bantuan dari pemerintah. “Bantuan sosial dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat membantu penduduk di masa pandemi, terutama penduduk pada lapisan bawah,” katanya.

Baca juga: PLN Peduli Bantu Entaskan Kemiskinan Ekstrem Di Jateng

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan Pemprov Jateng terus menggenjot penurunan kemiskinan. Terutama di lima daerah yang masuk kategori kemiskinan ekstrem, yakni Banyumas, Banjarnegara, Kebumen, Pemalang, dan Brebes.

Program bantuan sosial tunai sebesar Rp300.000 per bulan dari pemerintah pusat telah berjalan baik. Pemprov Jateng mencoba menambah dengan berbagi bantuan dari anggaran gotong royong. “Inisiatif kita di daerah ada dari CSR dan Baznas kita juga punya program satu OPD satu desa miskin,” kata Ganjar.

Selain itu Pemprov Jateng juga punya beberapa program seperti pembangunan rumah sehat layak huni, sambungan listrik gratis, dan jambanisasi. “Dinas Koperasi UMKM ada pemberdayaan UMKM, Bank Jateng ada kredit lapak khusus ibu-ibu dengan bunga murah, BP3AKB ada pemberdayaan wanita, semua kita kerahkan,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

+ PLUS 5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Berita Terkini

Luasnya Hanya 8 Km Persegi, Ini Kecamatan Terkecil di Cilacap

Meski menjadi kabupaten terluas di Jateng, namun Cilacap memiliki kecamatan sangat kecil yaitu hanya 8 kilometer (km) persegi.

Tahukah Kamu? Ini Alasan Lasem di Rembang Disebut Little Tiongkok

Ini dia alasan kenapa Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng), mendapat julukan sebagai Little Tiongkok atau Tiongkok Kecil.

Ternyata Bus Bumel di Jateng Paling Banyak Ada di Daerah Ini

Data Dinas Perhubungan Jawa Tengah pada 2021 menyebutkan bus dalam provinsi dengan kategori lambat atau bumel mencapai 3.759 unit bus.

Sip! Pati Tambah 12 Desa Wisata Baru

Sebanyak 12 desa wisata baru di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), resmi dikukuhkan.

Punya Penumpang Setia, Segini Jumlah Bus Bumel di Jateng

Populasi bus bumel di Jateng tergolong masih banyak. Bahkan, Jateng merupakan daerah dengan jumlah bus AKAP terbanyak di Indonesia.

Sesaji Rewanda Semarang, Saatnya Para Kera Berpesta

Sesaji Rewanda, pesta untuk para kera yang dilaksanakan tiap tanggal 3 Syawal oleh warga kampung Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Semarang.

Gantikan Yuliyanto, Sinoeng Jabat Pj Wali Kota Salatiga

Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, diangkat sebagai Pj Wali Kota Salatiga menggantikan Yuliyanto yang masa jabatannya berakhir pada 22 Mei 2022.

Heboh! Kawanan Harimau Dikabarkan Muncul di Area Sawah Banjarnegara

Masyarakat Desa Penawaran, Banjarnegara, dihebohkan dengan kemunculan kawanan harimau di areal persawahan.

Epilepsi Kambuh, Remaja Batang Tenggelam di Sungai Sambong

Peristiwa tragis menimpa remaja penderita epilepsi asal Batang yang tenggelam di Sungai Sambong.

Pedasnya Nagih, Warung Makan Mangut Beong Magelang Ini Paling Legend

Kuliner khas Magelang yaitu mangut beong menawarkan sensasi pedas dalam masakannya. Bahkan, rasa pedas dari kuliner ini benar-benar bikin nagih.

Museum Lawang Sewu Tetap Minta Pengunjung Kenakan Masker

PT KAI Wisata selaku pengelola Museum Lawang Sewu di Semarang dan Museum Kereta Api Ambarawa belum menerapkan pelonggaran aturan penggunaan masker.

Cabuli Santri 9 Kali, Ustaz Ponpes Magelang Terancam 15 Tahun Penjara

Seorang ustaz sekaligus pengasuh ponpes di Kabupaten Magelang melakukan pencabulan kepada santrinya sebanyak 9 kali.

Tak Hanya Jateng, Semarang Juga Termasuk Kota Terpanas di Indonesia

Bukan hanya di Jawa Tengah saja, Kota Semarang juga termasuk kota terpanas di Indonesia dengan suhu 35 derajat Celcius.

Langka di China, Akar Tunjuk Langit asal Jawa Tengah Diekspor ke Taiwan

Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Semarang melepas 575 kilogram akar tunjuk langit asal Jawa Tengah untuk diekspor ke Taiwan, Jumat (13/5/2022), yang tergolong spesies langka hampir punah di China karena terlalu banyak yang menggunakan untuk pengobatan tradisional.

Bukan Hewan, Kethek Jadi Nama Makanan Unik Khas Kebumen

Kethek adalah nama salah satu makanan unik di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, yang dibuat dari ampas minyak kelapa.

Tesla Bakal Bangun Pabrik di Batang, Ini Kata Pemprov Jateng

Produsen mobil listrik Tesla dikabarkan akan segera membangun pabrik di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng).