SOLOPOS.COM - Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kemenag Boyolali, Sauman, (kanan) mengecek koper untuk calon jemaah haji, Senin (30/5/2022). (Solopos-Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Sebanyak 315 calon haji atau calhaj asal Kabupaten Boyolali masuk dalam kelompok terbang atau kloter 34 dan 35 keberangkatan dari Asrama Haji Donohudan di Ngemplak, Boyolali. Para calhaj akan masuk Asrama Haji Donohudan pada Minggu (26/6/2022).

Ihwal kloter keberangkatan calhaj asal Kota Susu disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Boyolali, Sauman, saat ditemui wartawan di kantornya pada Senin (30/5/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Untuk kloter 34 ada 111 jemaah kemudian untuk kloter 35 sebanyak 204 jemaah. Kloter 34 masuk asrama haji tanggal 26 Juni pukul 08.00 WIB dan kloter 35 masuk pada pukul 19.00 WIB.” kata dia.

Lebih lanjut, Sauman menginformasikan kloter 34 akan berangkat ke Tanah Suci pada Senin (27/6/2022) pukul 04.40 WIB dan kloter 35 akan berangkat di hari yang sama pada pukul 19.25 WIB.

Sauman menambahkan Kemenag Boyolali telah melakukan serangkaian kegiatan untuk mempersiapkan calhaj asal Boyolali. Salah satunya bimbingan yang telah dilaksanakan seperti bimbingan calhaj tingkat kabupaten di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) pada Senin–Selasa (23-24/5/2022).

Baca juga: 249 Calhaj Boyolali Tidak Bisa Naik Haji Tahun 2022, Ini Sebabnya

“Dilanjutkan kegiatan pembimbingan haji tingkat kecamatan tanggal 25 – 28 Mei 2022. Alhamdulillah pada hari terakhir, seluruh jemaah mengikuti kegiatan praktik manasik umrah dan haji di Asrama Haji Donohudan Boyolali,” kata dia. Sauman juga mengungkapkan akan ada pembekalan bagi Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) di Hotel Loji Kridanggo pada Kamis (2/6/2022).

Koper Serta Tas Paspor

Menurut Sauman, pada Senin ini dibagikan 315 koper haji yang akan diwakilkan oleh kelompok kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) dan kelompok manasik. Perinciannya, dikatakan dia, untuk KBIH Al Kautsar ada 121 koper, KBIH Mandiri 101 koper, KBIH Arofah 73 koper, Kelompok Manasik Haji MTA 13 koper, Kelompok Manasik Haji LDII enam koper, dan satu koper untuk petugas haji daerah (PHD).

“Masing-masing jemaah akan menerima koper, kemudian tas tentengan dan tas paspor. Untuk kain ihram dan kain batik sudah diserahkan pada 2020 kepada jemaah karena hakikatnya jemaah 2022 adalah jemaah yang berangkat seandainya tidak ada penundaan pada 2020,” kata dia.

Baca juga: Senangnya, 317 Calhaj Boyolali akan Berangkat ke Tanah Suci Juni 2022

Sauman berharap para calon jemaah haji dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dan umrah sesuai dengan tata cara dan syariat agama Islam.

“Dapat juga melaksanakan rukun wajib dan sunah haji yang ilmunya telah diperoleh selama manasik haji sekaligus praktik ibadah haji dan umrah. Semoga seluruh jemaah haji menjadi haji yang mabrur,” harap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya