Asrama Haji Donohudan Rekrut 100an Tenaga Kerja untuk Layani Calhaj

Persiapan penyambutan calon tamu Allah di Asrama Haji Donohudan sudah 85 persen dilaksanakan.

 Kepala Asrama Haji  Donohudan, Bambang Susanto (kiri) mengecek kamar  calon jemaah haji, Senin (23/5/2022). Ditargetkan persiapan akan rampung pada Rabu (25/5/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah)

SOLOPOS.COM - Kepala Asrama Haji Donohudan, Bambang Susanto (kiri) mengecek kamar calon jemaah haji, Senin (23/5/2022). Ditargetkan persiapan akan rampung pada Rabu (25/5/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Asrama Haji Donohudan Boyolali mulai bersiap menyambut kedatangan para calon jemaah haji mendekati Hari Raya Iduladha 2022. Persiapan penyambutan calon tamu Allah tersebut sudah 85 persen dilaksanakan.

Perihal persiapan penyambutan calon jemaah haji tersebut disampaikan oleh Kepala Asrama Haji Donohudan, Bambang Sumanto, saat ditemui wartawan di Asrama Haji Donohudan, Senin (23/5/2022).

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Kami sudah mempersiapkan nanti untuk tempat tidur ada di Gedung Mekah. Di sana ada tiga lantai, masing-masing lantai ada 380 tempat tidur,” kata Bambang.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi, beberapa pekerja terlihat melakukan perbaikan gedung dan juga membersihkan kamar-kamar dan ruangan di Gedung Mekah.

Untuk melayani calon jemaah haji, ia mengatakan telah menambah tenaga musim haji untuk melayani para calhaj di Asrama Haji Donohudan sejumlah sekitar 100-an tenaga kerja. “Nantinya setiap hari sprei akan diganti, jadi tiap ganti kloter akan diganti. Hal tersebut untuk menjaga kebersihan. Ada penyemprotan disinfektan juga,” kata dia.

Baca juga: Ini Tip Bagi Jemaah Haji Menghadapi Cuaca Ekstrem di Arab Saudi

Lebih lanjut, ia mengatakan telah mempersiapkan dua lantai cadangan di gedung Madinah untuk sekitar 200 anggota Satgas Haji yang bertugas. Dua lantai tersebut berada di lantai II dan III Gedung Madinah. Sedangkan untuk lantai I masih menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

“Baik untuk sarana, prasarana, maupun sanitasi sudah kami persiapkan karena dari kantor kesehatan pelabuhan [KKP] dan tim dari Dinas Kesehatan Provinsi juga melakukan pengecekan di sini. Akan ada tindak lanjut tes sanitasi yang kedua besok tanggal 24,” kata dia.

Menjaga Protokol Kesehatan

Bambang mengatakan persiapan Asrama Haji Donohudan Boyolali untuk menyambut calon jemaah haji ditargetkan akan rampung pada Rabu (25/5/2022). Ia juga mengimbau kepada para calhaj dikarenakan pelaksanaan haji masih dalam suasana pandemi, maka untuk selalu menjaga protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Cuaca Arab Saudi Mulai Ekstrem, Saat Musim Haji 50 Derajat Celcius

Sementara itu, salah satu dokter di RSDC Donohudan, Yusuf Ryadi, mengungkapkan RSDC Donohudan telah nol pasien. Bahkan, nol pasien tersebut terjadi sejak sebelum puasa Ramadan 2022.

“Untuk tenaga kesehatan di RSDC masih ada, tapi hanya perawat dan dokter jaga. Dibantu security dan cleaning service RSDC,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

27 Tahun Ngaspal Jalanan, Sopir Bus Bumel Setan Wonogiri Tetap Setia

Seorang sopir bus bumel rute Solo-Wonogiri yang disebut sebagai bus setan setia mengaspal jalanan selama 27 tahun terakhir.

Bakul Sapi Minta Penutupan Pasar Hewan Boyolali Tak Diperpanjang Lagi

Dibanding opsi penutupan pasar hewan di Boyolali, Juni memilih mengusulkan pengetatan aturan saat sapi-sapi masuk.

Jembatan Mojo Solo Kembali Mulus Akhir November, Begini Tahapannya

Rencana pembongkaran sampai pemasangan kembali Jembatan Mojo Solo akan dimulai 5 September sampai 6 November 2022 sehingga bisa kembali dilalui kendaraan pada akhir November 2022.

PMK Merajalela, Belasan Peternak Sapi di Karanganyar Malah Tolak Vaksin

Sejumlah peternak di Karanganyar menolak sapi mereka diberi vaksinasi untuk mencegah tertular penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sepi Penumpang, Kru Bus Bumel Solo-Wonogiri Kudu Setoran Rp1 Juta/Hari

Awak bus bumel jurusan Solo-Wonogiri harus setoran minimal Rp1 juta per hari kepada juragan meskipun sepi penumpang.

Perdana! 101 Ekor Sapi Ternak di Karanganyar Disuntik Vaksin PMK

Dispertan PP Kabupaten Karanganyar mulai melaksanakan vaksinasi perdana penyakit mulut dan kuku atau PMK bagi hewan ternak sapi pada Rabu (29/6/2022).

Bus Bumel Solo-Wonogiri Pernah Jaya, Kini: Hidup Segan Mati Tak Mau

Bus bumel jurusan Solo-Wonogiri yang pernah berjaya hingga awal 2000 kini sangat memprihatinkan.

Ngebut, Internet XL Axiata di Jalur KRL Solo-Jogja Waz Wuzzz.. 

Jaringan internet XL Axiata di sepanjang jalur KRL Solo-Jogja terus ditingkatkan agar kecepatannya stabil dan terus ngebut.

Area Car Free Sunday Wonogiri Akan Bebas Asap Rokok, Anda Setuju?

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, meminta agar area Car Free Sunday (CFS) di Wonogiri menjadi ruang yang ramah anak, yakni melarang pengunjung merokok.

Memaknai Acara Bur-Buran Ayam Nadaran Pada Tradisi Mondosiyo

Acara bur-buran ayam nadaran atau melepas ayam dalam tradisi Mondosiyo memiliki makna filosofis bagi warga Pancot, Tawangmangu, Karanganyar yang menggelarnya.

Hore! Pasar Hewan di Klaten Sudah Buka Hari Ini, Cek Dulu SOP-nya

Pemkab Klaten kembali membuka seluruh pasar hewan di Klaten mulai Rabu (29/6/2022) setelah ditutup selama lebih dari sebulan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Mondosiyo Sudah Jadi WBTB, Warga Karanganyar Minta Dukungan Pemerintah

Warga Pancot, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar meminta peran lebih pemerintah dalam pengembangan Mondosiyo setelah tradisi turun temurun ini ditetapkan menjadi warisah budaya tak benda.

Jembatan Jurug B Solo Dibongkar 1 Oktober 2022, Begini Rencananya

Pemerintah bakal membongkar jembatan Jurug B selama tiga bulan, yakni pada 1 Oktober 2022 sampai 17 Januari 2023 dan pengalihan arus lalu lintas juga mulai 1 Oktober 2022.

Kasus PMK di Sragen Hampir 1.000 Ekor, Pasar Hewan Tetap Dibuka 5 Juli?

Kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK di Kabupaten Sragen terus bertambah hingga mendekati angka 1.000 ekor, tetapi Pemkab berencana membuka pasar hewan mulai 5 Juli 2022.

Bagus Setyawan Jabat Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro

Letkol (Inf) Anggun Wuriyanto menyerahkan jabatan Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad kepada Mayor (Inf) Bagus Setyawan dalam upacara sertijab, Selasa (28/06/2022).