SOLOPOS.COM - Kepala Asrama Haji Donohudan, Bambang Susanto (kiri) mengecek kamar calon jemaah haji, Senin (23/5/2022). Ditargetkan persiapan akan rampung pada Rabu (25/5/2022). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Asrama Haji Donohudan Boyolali mulai bersiap menyambut kedatangan para calon jemaah haji mendekati Hari Raya Iduladha 2022. Persiapan penyambutan calon tamu Allah tersebut sudah 85 persen dilaksanakan.

Perihal persiapan penyambutan calon jemaah haji tersebut disampaikan oleh Kepala Asrama Haji Donohudan, Bambang Sumanto, saat ditemui wartawan di Asrama Haji Donohudan, Senin (23/5/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami sudah mempersiapkan nanti untuk tempat tidur ada di Gedung Mekah. Di sana ada tiga lantai, masing-masing lantai ada 380 tempat tidur,” kata Bambang.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi, beberapa pekerja terlihat melakukan perbaikan gedung dan juga membersihkan kamar-kamar dan ruangan di Gedung Mekah.

Untuk melayani calon jemaah haji, ia mengatakan telah menambah tenaga musim haji untuk melayani para calhaj di Asrama Haji Donohudan sejumlah sekitar 100-an tenaga kerja. “Nantinya setiap hari sprei akan diganti, jadi tiap ganti kloter akan diganti. Hal tersebut untuk menjaga kebersihan. Ada penyemprotan disinfektan juga,” kata dia.

Baca juga: Ini Tip Bagi Jemaah Haji Menghadapi Cuaca Ekstrem di Arab Saudi

Lebih lanjut, ia mengatakan telah mempersiapkan dua lantai cadangan di gedung Madinah untuk sekitar 200 anggota Satgas Haji yang bertugas. Dua lantai tersebut berada di lantai II dan III Gedung Madinah. Sedangkan untuk lantai I masih menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

“Baik untuk sarana, prasarana, maupun sanitasi sudah kami persiapkan karena dari kantor kesehatan pelabuhan [KKP] dan tim dari Dinas Kesehatan Provinsi juga melakukan pengecekan di sini. Akan ada tindak lanjut tes sanitasi yang kedua besok tanggal 24,” kata dia.

Menjaga Protokol Kesehatan

Bambang mengatakan persiapan Asrama Haji Donohudan Boyolali untuk menyambut calon jemaah haji ditargetkan akan rampung pada Rabu (25/5/2022). Ia juga mengimbau kepada para calhaj dikarenakan pelaksanaan haji masih dalam suasana pandemi, maka untuk selalu menjaga protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Cuaca Arab Saudi Mulai Ekstrem, Saat Musim Haji 50 Derajat Celcius

Sementara itu, salah satu dokter di RSDC Donohudan, Yusuf Ryadi, mengungkapkan RSDC Donohudan telah nol pasien. Bahkan, nol pasien tersebut terjadi sejak sebelum puasa Ramadan 2022.

“Untuk tenaga kesehatan di RSDC masih ada, tapi hanya perawat dan dokter jaga. Dibantu security dan cleaning service RSDC,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya