SOLOPOS.COM - Sebanyak 30 advokat Kongres Advokat Indonesia (KAI) mengikuti pelantikan sidang senat terbuka di Lor In Hotel pada Sabtu (29/8/2020) siang. (Solopos.com-Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 30 advokat baru dari Kongres Advokat Indonesia (KAI) mengikuti sidang senat terbuka pelantikan di Lor In Hotel Solo pada Sabtu (29/8/2020).

Para advokat itu dituntut untuk selalu bersama masyarakat yang membutuhkan dan menjaga idealisme profesi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KAI Jawa Tengah, Asri Purwanti, saat dijumpai wartawan mengatakan para advokat baru harus memiliki sikap idealisme, menjujung harkat martabat advokat, dan selalu membantu masyarakat.

Duh, Bayi 15 Bulan di Kota Madiun Terpapar Covid-19

Ia meminta sebagai pengacara juga harus mengambil peran dalam mengawal jalannya pemerintahan.

"Kami juga sudah mengawal alokasi dana desa, kami bantu dalam hal pengawalan dan pembangunan. Pendampingan ke perangkat desa supaya tidak ada kesalahan hukum di sana. Hal ini sudah enam bulan berjalan di wilayah Sragen," papar dia.

Asri mengatakan sebanyak 30 pengacara itu telah diangkat sesuai perundangan-undangan. Seusai pelantikan, mereka langsung diberikan tugas untuk mengawal kasus pidana, perdata, maupun waris.

Mereka akan didampingi oleh pengacara senior hingga mandiri. Menurutnya, pelatikan itu akan digelar secara bertahap mengingat situasi pandemi belum selesai.

7 Bulan, 50 Pesepeda Terlibat Kecelakaan di Klaten

Ia menambahkan pada pekan ini, KAI Jawa Tengah akan menggelar kembali ujian Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan hasil ujian itu akan keluar dua pekan depan.

"Peserta pelantikan datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Semoga para advokat ini tetap membantu masyarakat dan selalu menegakkan kebenaran. Jangan mau nego-nego demi kebenaran," imbuh Asri.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KAI Herman Jansen mengatakan perekrutan pengacara itu sebagai regenerasi penegak hukum.

Pria di Grogol Sukoharjo Ditemukan Meninggal di Kamar Kos

Menurutnya, KAI lebih mengutamakan kualitas, sehingga rekruitmen advokat digelar setahun hingga dua tahun sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya