3 Paslon Peserta Pilkada Klaten Deklarasikan Komitmen terkait Covid-19
Tiga paslon peserta Pilkada Klaten berdeklarasi pelaksanaan kampanye menaati protokol Covid-19 di KPU Klaten, Kamis (24/9/2020). (Solopos.com-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Tiga pasangan calon atau paslon peserta Pilkada Klaten berkomitmen menaati protokol pencegahan Covid-19 selama masa kampanye 26 September 2020-5 Desember 2020.

Pada Kamis (24/9/2020), masing-masing paslon telah menandatangani pakta integritas menaati protokol pencegahan Covid-19 setelah merka memperoleh nomor urut sesuai pengundian di KPU Klaten.

Pengundian Nomor Urut di KPU Klaten, Mulyo Datang Duluan Disusul ORI Lalu ABY-HJT

Masing-masing paslon yang akan bertarung di Pilkada 2020 di Klaten, yakni paslon nomor urut 1, Sri Mulyani-Yoga Hardaya atau Mulyo; paslon nomor urut 2, One Krisnata-Muhammad Fajri atau ORI; dan paslon nomor urut 3, Arif Budiyono (ABY)-Harjanta (HJT) atau ABY-HJT.

Setelah ketiganya memperoleh nomor urut, masing-masing paslon membacakan dan meneken deklarasi dan komitmen cabup dan cawabup untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di semua tahapan Pilkada serentak tahun 2020 di Klaten.

Mematuhi Protokol Kesehatan dan Menerapkan 4M

Isi dari deklarasi itu, yakni sebagai berikut:

(1) siap bertanggung jawab untuk tidak melibatkan massa atau kerumunan pada setiap tahapan Pilkada 2020 sesuai dengan kesepakatan dan ketentuan perundangan yang berlaku;

(2) siap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan menerapkan 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan);

(3) siap bertanggung jawab terhadap pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 yang saya lakukan dan massa pendukung saya lakukan;

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Batal Nikah Tahun Ini

(4) siap dilakukan testing, tracking, dan treatment apabila mengalami gejala Covid-19;

(5) siap menerima sanksi administrasi maupun sanksi pidana sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang protokol kesehatan Covid-19 dan peraturan perundang-undangan lain yang berlaku.

"Masing-masing paslon telah bersepakat untuk menaati protokol pencegahan Covid-19," kata Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani, saat ditemui wartawan di KPU Klaten, Kamis (24/9/2020).

Sering Menguap, Bisa Jadi Bukan Mengantuk Tapi Karena Ini

Pascamemperoleh nomor urut dan deklarasi menaati protokol Covid-19, masing-masing paslon dipersilakan meninggalkan KPU Klaten.

Agar tak menimbulkan kerumunan, para paslon pulang secara bertahap.

Setelah seluruh paslon meninggalkan Kantor KPU Klaten, aparat keamanan melakukan patroli skala besar di kawasan perkotaan. Hal itu guna mendukung kondusivitas keamanan di Kota Klaten.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom