SOLOPOS.COM - Ilustrasi menguap akibat mengantuk saat bekerja (Magforwomen.com)

Solopos.com, JAKARTA -- Saat menguap mulut akan terbuka dan menarik napas dalam sehingga paru-paru terisi dengan udara. Kondisi ini sering dianggap sebagai respons alami ketika tubuh merasa lelah dan mengantuk.

Sehingga saat itu yang terpikirkan adalah segera beristirahat atau tidur. Namun, ternyata hal itu belum tentu mengantuk. Bisa jadi karena masalah kesehatan menyebabkan Anda menguap secara berlebihan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir dari Detik.com, dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah penyakit yang bisa memunculkan gejala tersebut:

Bisa Bikin Rileks hingga Menular, Ini Fakta-Fakta Menarik Tentang Tertawa

1. Gangguan tidur

Menurut National Institutes of Health dikutip dari Live Strong, menguap terlalu sering menjadi tanda gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, dan narkolepsi. Kondisi ini bisa mengganggu kamu mendapatkan tidur malam yang nyenyak sehingga pada siang hari merasa lelah.

2. Diseksi aorta

Diseksi aorta merupakan robeknya dinding aorta, yaitu arteri utama yang membawa darah dari jantung. Menurut Mayo Clinic, kondisi ini menyebabkan napas pendek dan lelah sehingga menguap berlebihan.

Tidur Hingga 10 Jam Sehari, Ini Kebiasaan Unik Albert Einstein Semasa Hidup

Waspada jika Anda menguap berlebihan dan disertai beberapa hal. Seperti kesulitan bernapas, denyut nadi tidak teratur, berkeringat, dan nyeri dada, segeralah periksa ke dokter.

3. Penurunan tekanan darah dan detak jantung

Tanda menurunnya tekanan darah dan detak jantung membatasi aliran darah ke otak. Kondisi ini terjadi adanya gangguan bagian dari sistem saraf untuk mengatur tekanan darah dan detak jantung. Sehingga otomatis meningkatkan asupan oksigen dengan menguap.

Gaya Hidup Pengaruhi Program Kehamilan

4. Gangguan kecemasan

Kecemasan bisa menyebabkan sering menguap. Sebab, kondisi ini berdampak pada jantung, tenaga, dan sistem pernapasan. Jika rasa cemas semakin tinggi, akan lebih sering.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya