SOLOPOS.COM - Wujud kalung anti-virus corona buatan Balitbangtan Kementan RI. (Detik.com)

Solopos.com, SOLO – Belakangan ini beredar beberapa jenis kalung yang diklaim sebagai penangkal virus corona  yang dibuat Kementerian Pertanian. Namun, pada akhirnya kalung yang dibuat dari bahan eucalyptus ini diakui belum pernah diuji coba secara langsung pada virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Kalung yang diklaim sebagai penangkal virus corona bukan hanya muncul di Indonesi. Pada awal pandemi Covid-19 muncul kalung kesehatan serupa yang populer di Jepang. Selain itu ada beberapa jenis kalung kesehatan lain yang diklaim berkhasiat melawan virus corona. Dikutip dari Detik.com, berikut daftarnya:

Promosi Dukung Keberhasilan IKN, BRI Sediakan Layanan Lengkap Perbankan

48 Kontak Erat Bakul Tahu Kupat di Solo Positif Covid-19 Dites Swab

Kalung Virus Shut Out

Pada awal pandemi Covid-19, kalung Virus Shut Out sempat ramai diperbincangkan. Kalung ini diklaim sebagai anti-virus dan anti-bakteri. Cara kerjanya dengan membersihkan udara jarak 1-2 meter dengan melepas konsentrasi rendah klorin dioksida. Kalung yang berasal dari Jepang ini diklaim dapat menangkal virus patogen selama 30 hari per produk.

Kalung Pulse

Dalam mengurangi penyebaran virus corona, NASA ikut andil dengan membuat kalung penangkal bernama Pulse. Kalung ini dilengkapi sensor yang memberikan peringatan berupa getaran kepada penggunanya jika terdapat gerakan tangan menuju muka. Meskipun kurang fashionable, pemakaian kalung ini diharapkan dapat mengubah kebiasaan menyentuh wajah.

25 Dokter Residen UNS Solo di RS Moewardi Positif Covid-19 Tanpa Gejala

Kalung Anti-Corona Kementan

Kalung yang diklaim penangkal virus corona diproduksi Kementerian Pertanian berasal dari tanaman eucalyptus. Berdasarkan uji laboratorium, eucalyptus memiliki potensi menangkal virus. Selain kalung kesehatan, Kementan juga mengeluarkan produk berbentuk inhaler, salep, difuser, dan roll on.

Eucalyptus merupakan tanaman penghasil minyak atsiri yang dipercaya sebagai obat berbagai penyakit. Daun tumbuhan ini juga kaya dengan antioksidan. (Yunita Dewi Nur Rohmah/JIBI/Solopos.com)

Asli Sragen dan Berdarah Seniman, Ini Sosok Thathit Paksi Penabuh Gendangnya Dory Harsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya