2 Kecamatan di Madiun ini Belum Terjamah Indomaret dan Alfamart
Salah satu toko modern berjaringan yang berdiri di Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Senin (8/2/2021). (Solopos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN -- Toko modern berjaringan seperti Indomaret dan Alfamart tidak sulit untuk ditemui di setiap daerah. Seperti di Kabupaten Madiun, ada puluhan toko modern yang tersebar di berbagai wilayah. Namun, tahukah Anda ternyata ada 2 kecamatan di Kabupaten MAdiun yang tidak terdapat toko modern berjaringan itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Madiun, Arik Krisdianto, mengatakan total toko modern berjaringan di Kabupaten Madiun ada 73 unit. Puluhan toko modern itu tersebar di hampir seluruh kecamatan, kecuali Kare dan Dagangan. Dua kecamatan ini berada di lereng Gunung Wilis.

Baca juga: Lapak Angkringan Ditinggal Begitu Saja di Alun-Alun Klaten, Dikukut Satpol PP

“Sampai saat ini ada dua kecamatan yang tidak ada toko modern berjaringan, Kare dan Gemarang. Dari dahulu hingga saat ini belum ada yang mengajukan izin pendirian toko modern di dua kecamatan itu,” kata Arik, Senin (8/2/2021).

Menurutnya, dua kecamatan itu tidak dilirik investor karena persoalan lokasinya yang terpencil dan pasar yang terbangun. Namun, Arik mengatakan kondisi di dua kecamatan tersebut kini sudah berbeda dan semakin ramai.

Tetapi, untuk saat ini pemerintah masih melakukan moratorium izin pendirian toko modern berjaringan. “Kalau toko modern milik pribadi bukan berjaringan boleh. Makanya saat ini banyak yang menyiasati aturan itu. Namanya bukan toko modern berjaringan, tetapi isinya ternyata dari toko modern berjaringan,” kata Arik.

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom