Kategori: Nasional

2 Karyawan Sampoerna Positif Corona Meninggal, Pabrik Ditutup


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, SURABAYA – Dua karyawan PT HM Sampoerna di pabrik Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, positif terinfeksi virus corona. Kini pabrik tersebut ditutup sementara untuk mencegah penularan virus yang lebih masif.

Saat ini kedua karyawan Sampoerna yang positif corona telah meninggal dunia. Diduga keduanya telah menularkan virus itu ke sejumlah rekannya.

Itulah sebabnya sebagai bagian dari protokol kesehatan, Sampoerna menghetikan kegiatan di pabrik tersebut. Kebijakan itu dimbil sejak 27 April 2020 hingga waktu yang belum ditentukan.

Direktur PT HM Sampoerna Tbk, Elvira Lianita, mengatakan langkah itu diambil sesuai arahan dan koordinasi dengan Pemkot Surabaya serta Pemprov Jawa Timur.

Resep Kolak Pisang Ubi Legit untuk Takjil

“Kami juga telah menerapkan protokol yang dianjurkan. Antara lain penyemprotan disinfektan di seluruh fasilitas pabrik, melakukan contact tracing, meminta karyawan karantina mandiri. Melakukan tes Covid-19  dan bekerja sama dengan rumah sakit setempat,” terangnya seperti dikabarkan Detik.com.

Penghentian aktivitas dilakukan agar perusahaan dapat membersihkan area pabrik Rungut 2 secara menyeluruh. Sampoerna tetap menunaikan tanggung jawab kepada karyawan dengan memberikan cuti serta upah kepada yanng terdampak corona.

Elvira memastikan produk Sampoerna tetap dalam standar kualitas yang aman dikonsumsi. Pihak Sampoerna telah melakukan karantina produk selama lima hari sebelum dipasarkan.

“Sampoerna memastikan kualitas produk merupakan prioritas. Untuk itu kami melakukan karantina produk selama lima hari sebelum didistribusikan ke konsumen dewasa,” imbuh dia.

Nenek 77 Tahun Asal Sambungmacan Meninggal di RSUD Sragen PDP Covid-19?

Elvira mengklaim masa karantina itu telah dua hari lebih lama dari batas stabilitas lingkungan Covid yang disarankan European CDC dan WHO.

"European CDC (European Centre for Disease Prevention and Control) dan juga World Health Organization (WHO) mengatakan Covid-19 dapat bertahan selama 72 jam pada permukaan plastik dan stainless steel. Kurang dari 4 jam pada tembaga dan kurang dari 24 jam pada kardus," ucapnya.

DIJUAL CEPAT: Speaker Active Simbadda CST 8200N 2.1

 

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita