Kategori: Nasional

2 Harimau Lepas, Terkam Pawang hingga Tewas


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, SINGKAWANG – Dua ekor harimau benggala di kebun binatang Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat, lepas dari kandang dan menerkam seorang pawang hingga tewas pada Jumat (5/2/2021).

Peristiwa itu bermula saat keeper alias pawang bernama Agus mengeluarkan kedua harimau benggala bernama Tora dan Eka untuk bermain di kolam di belakang kandang yang masih berpagar. Kegiatan itu merupakan kebiasan dalam perawatan harimau. Setelah itu, Agus pergi dan menitipkan satwa tersebut kepada temannya, Ferry, dengan pemberitahuan melalui Whatsapp.

Baca juga: Cerita Sedih Pengelola Objek Wisata di Tawangmangu, Sehari Hanya 2 Pengunjung

Pada sorenya, Agus mendapat kabar temannya, Ferry, yang merupakan pawang kuda tewas diterkam harimau. Dia kemudian bergegas mencari keberadaan kedua harimau yang kabur.

Pencarian harimau itu melibatkan BKSDA Kalbar, pengelola Sinka Zoo Singkawang, pemda Singkawang, dan TNI-Polri. BKSDA Kalbar juga melibatkan Tim Wildlife Rescue Unit, yang di dalamnya tergabung dokter hewan, baik dari BKSDA Kalbar, Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, maupun dari Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang.

Baca juga: Sumber Kekayaan Hartono Hosea, Orang Terkaya Asal Solo dan Calon Mertua Boy William

Harimau Ditembak Mati

Pada Sabtu (6/2/2021), seekor harimau bernama Eka dilumpuhkan petugas hingga mati. Hal itu dilakukan karena hewan tersebut menunjukkan sikap agresif dan membahayakan nyawa petugas.

"Ada dua harimau yang lepas. Satu yang berwarna cokelat sudah berhasil dilumpuhkan dalam keadaan mati. Masih satu lagi yang warna putih sedang dicari oleh tim gabungan. Kalau yang sdh mati, ditemukan di sekitar kebun binatang," kata Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Donny Charles Go, seperti dilansir Detik.com.

Baca juga: Hiks... Bayi 8 Bulan di Sidoharjo Sragen Idap Penyakit Langka Atresia Bilier

Kedua harimau itu diduga kabur dari lubang besar yang muncul di kandang akibat longsor. Setelah melakukan pencarian sekitar 24 jam, akhirnya tim gabungan menemukan harimau benggala bernama Tora koleksi Sinka Zoo tersebut. Mereka menembak bius untuk melumpuhkan kucing buas itu.

"Setelah kurang lebih 24 jam, proses pencarian 2 ekor harimau yang kemarin sempat lepas dari kandangnya, tadi sore, sekitar pukul 18.00 WIB untuk harimau kedua atas nama Tora sudah berhasil kita temukan dan kami amankan dengan cara membius," ujar Kapolres Singkawang AKBP Prasetio.

Baca juga: Wiiiw Ada Ritual Sembelih Manusia di Ungaran

Sebelumnya petugas telah berupaya menembak obat bius kepada harimau Eka, namun gagal. Akhirnya satwa itu pun terpaksa ditembak mati karena membahayakan nyawa petugas.

Menanggapi insiden tersebut, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, mengimbau pihak pengelola untuk menutup tempat wisata rekreasi untuk sementara waktu pasca lepasnya dua Harimau dari kebun binatang Sinka Zoo. Tjhai Chui Mie mengatakan saat ini TNI-Polri masih melakukan pengawasan di sekitar lokasi.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita