SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes HIV. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 2.163 kasus baru HIV telah ditemukan di Jawa Tengah (Jateng) selama periode Januari-September 2022. Dari ribuan kasus baru HIV di Jateng itu paling banyak atau tertinggi disumbangkan oleh Kota Semarang.

Berdasarkan data yang tercantum dalam Buku Saku Kesehatan Triwulan 3 Tahun 2022 Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng, hingga kuartal III 2022 ada 2.136 penderita baru HIV yang ditemukan di Jateng. Mereka terdiri dari 1.384 laki-laki dan 779 perempuan yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jateng.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Dari ribuan kasus baru HIV itu paling banyak berasal dari Kota Semarang. Ibu kota Jateng ini menjadi daerah penyumbang kasus baru HIV tertinggi dengan jumlah penderita mencapai 239 orang, yang terdiri dari 178 laki-laki dan 61 perempuan.

Sementara itu, di urutan kedua ditempati Kabupaten Grobogan dengan jumlah kasus baru HIV mencapai 177. Kabupaten Blora menempati urutan ketiga dengan jumlah mencapai 113 kasus.

Sedangkan di urutan keempat daerah dengan jumlah kasus baru HIV tertinggi di Jateng ditempati Kabupaten Pemalang dengan jumlah penderita mencapai 106 orang, yang terdiri dari 68 laki-laki dan 38 pria. Pada posisi kelima adalah Kabupaten Jepara dengan jumlah penderita baru HIV sekitar 103 orang, yang terdiri dari 61 laki-laki dan 42 pria.

Baca juga: Temuan Kasus HIV/AIDS Sragen Capai 88,21%, KPA Petakan Hotspot Virtual

Sementara itu, daerah dengan temuan kasus baru HIV paling sedikit di Jateng ditempati Kota Magelang 6 kasus. Disusul Kabupaten Pekalongan dengan 12 kasus, dan Kabupaten Banjarnegara dengan 14 kasus.

Sementara itu, jika Kota Semarang menjadi daerah dengan jumlah kasus baru HIV tertinggi di Jateng, maka Kota Solo menempati daftar teratas sebagai daerah dengan temuan kasus AIDS terbanyak.

Sepanjang 2022 ini, sudah ada 72 penderita baru AIDS yang ditemukan di Kota Solo dengan perincian 45 laki-laki dan 27 perempuan. Sedangkan Kota Salatiga menempati urutan kedua dengan jumlah kasus baru AIDS mencapai 57 dan Brebes di posisi ketiga dengan 55 kasus.

Baca juga: Tertinggi di Jateng, Temuan Kasus Baru HIV di Semarang Diklaim Turun

Sesuai data Dinkes Jateng itu, hingga kuartal III 2022 sudah ada sekitar 914 kasus baru AIDS yang ditemukan di wilayah Jateng. Dari 914 kasus baru itu, sekitar 653 berjenis kelamin laki-laki dan sisanya, 261 adalah perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya