SOLOPOS.COM - Kondisi rumah warga yang mengalami kerusakan berat setelah bencana puting beliung di Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo, Minggu (8/5/2022). (Istimewa/Lurah Jebres)

Solopos.com, SOLO — Bencana puting beliung yang melanda wilayah Jebres, Solo, pada Minggu (8/5/2022) siang, mengakibatkan total 162 rumah warga rusak dengan kategori ringan, sedang, hingga berat.

Hal itu berdasarkan data yang dihimpun Lurah Jebres, Lanang Aji Laksito, dari wilayah-wilayah RW yang terdampak. Data tersebut kemudian diserahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo untuk ditindaklanjuti.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Total keseluruhan rumah yang terdampak yakni 162 unit. Tentunya dengan kerusakan yang berbeda, mulai dari ringan, sedang, berat. Siang pukul 13.00 WIB ini ada rapat dengan BPBD untuk menindaklanjuti soal itu [angin puting beliung],” terangnya saat ditemui Solopos.com di Kantor Kelurahan Jebres, Kamis (12/5/2022).

Rumah terdampak puting beliung itu paling banyak berada di RW 18 Jebres, Solo, dengan total 56 rumah yang rusak. Selebihnya di RW 21 terdapat 47 rumah, RW 19 ada 33 rumah, dan RW 22 terdapat 26 rumah terdampak.

Jumlah tersebut, kata Lanang, merupakan data secara keseluruhan karena setiap kondisi kerusakan rumah berbeda. “BPBD akan melakukan asesmen berdasarkan tingkat kerusakannya, karena kerusakannya beragam, seperti genting rusak hanya lima biji tentu akan berbeda dengan atap yang rusak total tertindih pohon. Akan ada penanganan yang berbeda pula,” terangnya.

Baca Juga: Anggota DPR Dari PDIP Bantu 15 Terpal Untuk Korban Puting Beliung Solo

Kerusakan-kerusakan ringan seperti genting sudah diperbaiki oleh warga secara pribadi. Warga yang terdampak sudah mengumpulkan berkas persyaratan yang terdiri atas KK, KTP, dan foto rumah yang terdampak.

Berdasarkan catatan Solopos.com, warga Jebres yang terdampak tepatnya di RT 002/ RW 021, Gulon, Jebres, Solo, telah mendapatkan bantuan 15 terpal dari anggota DPR dari PDIP, Muchamad Nabil Haroen, Selasa (10/5/2022).

Seperti diberitakan, hujan deras disertai puting beliung yang mengguyur wilayah Solo pada Minggu (8/5/2022) sore di wilayah Jebres mengakibatkan banyak atap rumah warga rusak. Selain itu puluhan pohon tumbang diterjang angin kencang.

Baca Juga: 28 Rumah di Jebres Solo Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya