SOLOPOS.COM - Anggota DPR RI dari PDIP, Muchammad Nabil Haroen (kiri), menyerahkan bantuan terpal untuk korban angin puting beliung di RT 002/RW 021 Jebres, Solo, Selasa (10/5/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) V Jawa Tengah (Jateng), Muchamad Nabil Haroen, mengunjungi korban bencana puting beliung di Kampung Gulon RT 002/RW 021 Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (10/5/2022).

Politikus PDIP itu didampingi Ketua PAC PDIP Jebres, Honda Hendarto, beserta Ketua Ranting PDIP Kelurahan Jebres, Suwandi. Kedatangan rombongan mereka diterima Ketua RT 002/RW 021 Gulon, Jebres, Antok Aryanto dan jajaran pengurus RT tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dalam pertemuan yang berlangsung di Poskamling kampung itu, Gus Nabil, panggilan akrabnya, menyampaikan rasa keprihatinan mendalam terhadap para korban. Apalagi cukup banyak rumah warga yang mengalami kerusakan.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com, ada 15 rumah warga Gulon RT 002/RW 021 Jebres, Solo, yang atapnya rusak disapu puting beliung. Tidak hanya di wilayah itu. Puting beliung juga membuat puluhan rumah warga lain rusak.

Sebagai bentuk kepedulian atas kondisi warga yang rumahnya rusak, Gus Nabil memberikan bantuan sebanyak 15 terpal. Bantuan itu diharapkan bisa membantu warga yang atap rumahnya bocor maupun rusak karena amukan angin.

Baca Juga: 28 Rumah di Jebres Solo Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sementara itu, Honda Hendarto mengapresiasi kepedulian Gus Nabil yang langsung terjun ke lokasi bencana alam di Solo. Terlebih ada bantuan yang diberikan kepada warga untuk meringankan beban yang dirasakan akibat angin kencang.

Tingkat Kerusakan Rumah

“Terima kasih untuk Gus Nabil yang hadir di tengah-tengah masyarakat, dan memberikan bantuan di situasi darurat. Proses selanjutnya mestinya Pemkot dan BPBD menindaklanjuti bantuan untuk warga yang kena musibah atau bencana alam,” urainya.

Honda menjelaskan jumlah rumah warga terdampak puting beliung di sejumlah RW di Kelurahan Jebres, Solo, mencapai 120 unit. Menurutnya, tingkat kerusakan rumah-rumah milik warga tersebut bervariasi, mulai dari ringan, sedang, dan berat.

Baca Juga: Ambyar Lur, Satu Rumah di Nusukan Solo Longsor ke Dasar Kali Anyar

“Untuk yang rusak ringan sudah diperbaiki sendiri oleh pemiliknya bersama warga lain. Tapi masih ada beberapa rumah yang membutuhkan bantuan perbaikan. Seperti perbaikan kerangka atap, usuk, reng, dan penutupnya. Masih beberapa,” ujarnya.

Seperti diketahui hujan deras yang mengguyur Solo pada Minggu (8/5/2022) sore disertai puting beliung di wilayah Kelurahan Jebres. Selain membuat banyak atap rumah warga rusak rusak, puluhan pohon tumbang diterjang angin kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya