Warga Desa Tegalrejo, Sawit, Boyolali, melihat gedung serbaguna yang roboh diterjang angin, Rabu (11/12/2019). (Solopos/Nadia Lutfiana Mawarni)

Solopos.com, BOYOLALI -- Satu orang meninggal dunia akibat tertimpa bangunan serbaguna yang roboh di Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit, Boyolali, Rabu (11/12/2019) siang.

Bangunan itu roboh saat terjadi hujan deras dan angin kencang di wilayah itu. Korban meninggal itu bernama Jumeri, warga RT 001/RW 003, Desa Tegalrejo, Sawit.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, gedung serbaguna yang dikelola Pemerintah Desa Tegalrejo itu dibangun pada 2017 lalu. Gedung berukuran sekitar 17 meter x 30 meter bercat hijau tersebut dibangun dengan dana sekitar Rp500 juta.

Kaur Umum dan Perencanaan Tegalrejo, Rusidi, saat ditemui Solopos.com di lokasi mengatakan awalnya hujan deras disertai angin melanda wilayah Sawit dan sekitarnya sejak pukul 13.30 WIB.

Diteror King Cobra, Pemilik Warung Mi Ayam di Klaten Ngungsi

Kemudian angin puting beliung terjadi 30 menit kemudian. Tak berselang lama gedung langsung ambruk rata dengan tanah.

Saat hujan lebat itu, Jumeri baru saja pulang dari Desa Tlawong, Sawit, desa tetangga Tegalrejo, yang berjarak kira-kira 500 meter. Dia mengambil beras jatah bantuan pemerintah dari toko di Tlawong.

Mengetahui hujan makin deras, Jumeri yang saat itu mengendarai Honda Mio Soul merah berteduh di gedung serbaguna. Dia memarkir motornya di teras dan masuk ke gedung yang tak dikunci.

Saat angin puting beliung melanda Jumeri tidak sempat menyelamatkan diri. Dia pun tewas bersamaan dengan ambruknya gedung. “Setelah dievakuasi korban langsung diserahkan ke keluarganya,” tutur Rusidi.

Pencalonan Said Hidayat Di Pilkada Boyolali 2020 Diprediksi Terganjal Masalah Kesehatan

Evakuasi dilakukan aparat desa, Pemerintah Kecamatan Sawit, BPBD Boyolali, dan Polsek Teras. Turut meninjau lokasi Kepala Pelaksana Harian BPBD, Bambang Sinungharjo, dan Kapolsek Teras AKP Joko Widodo.

Lokasi robohnya gedung serbaguna juga telah dibatasi dengan garis polisi. Selain gedung serbaguna yang roboh, pohon-pohon di desa itu juga tumbang serta atap rumah warga beterbangan.

Selain itu satu pos ronda dan gedung MCK umum di Dusun Garen rusak di bagian atap. Warga pun bergotong-royong membersihkan ranting pohon yang melintang jalan.

Selain Kecamatan Sawit, hujan deras Rabu siang itu juga terjadi secara merata di hampir seluruh wilayah Boyolali seperti pusat Kecamatan Simo, Kawasan perkantoran Pemkab Boyolali, dan RSUD Pandan Arang.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten