SOLOPOS.COM - Para pencinta sepak bola antusias mengikuti pawai kemenangan Timnas U22 yang digelar Jumat (19/5/2023) pagi ini di jalan-jalan protokol Jakarta. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–Masyarakat tumpah ruah menyambut pawai atau arak-arakan timnas U-22 Indonesia di Jakarta, Jumat (19/5/2023). Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengklaim warga yang turut menghadiri pawai hampir 1 juta orang.

Dikutip dari keterangan tertulis PSSI, minat para pencinta sepak bola untuk ikut pawai kemenangan Timnas U22 bertajuk Welcoming SEA Games Football Winner yang digelar pagi ini di jalan-jalan protokol Jakarta sangat tinggi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sejak pukul 05.00 WIB warga sudah memadati ruas jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta untuk mengiringi bus atap terbuka yang akan membawa para penggawa timnas merayakan sukses medali emas SEA Games Kamboja 2023.

Konvoi kemenangan bergerak tepat pukul 08.00 WIB yang bermula dari kantor Kemenpora yang dilepas oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Menpora, Dito Ariotedjo.

Arak-arakan menuju Jl. Jenderal Sudirman, lalu memutar di Bunderan Hotel Indonesia (HI), kembali ke Senayan, menaiki Jembatan Semanggi, dan berakhir di Parkir Timur, Stadiun Utama GBK Jakarta.

Sejak timnas U-22 mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (18/5/2023) malam ribuan penggemar sudah menyambut penuh suka cita.

Bahkan saat mendekati Hotel Fairmont, tempat para pemain menginap, bus yang membawa pemain harus tertahan lama untuk menembus kerumunan suporter yang memadati jalan-jalan seputar Senayan.

Flare-flare yang menyala terang ikut memeriahkan kedatangan kembali para pahlawan muda. Ini menjadi pawai paling meriah bagi timnas U-22 yang berhasil meraih medali emas pertama di pentas multievent Asia Tenggara dalam 32 tahun.

Tak henti-hentinya masyarakat Ibu Kota mengelu-elukan para pahlawan muda itu. Ramadhan Sananta dan kawan-kawan telah membuktikan kekuatan mental dan keteguhan hati dapat menjadi modal untuk meraih kemenangan.

Itu seperti dilakukan skuad Garuda Nusantara saat mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 dalam final dramatis SEA GAmes 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023) lalu.

Melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Ketum PSSI Erick Thohir menilai kesuksesan timnas U-22 Indonesia dalam meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja sebagai buah dari mental juara dan pantang menyerah.

Kemenangan ini layak dirayakan bersama masyarakat Indonesia. Namun, Erick mengingatkan agar tidak terlalu larut dalam euforia mengingat tantangan ke depan sepak bola Indonesia semakin berat. Erick mengatakan euforia ini maksimal sepekan.

Dia menyebut boleh gembira, tetapi jangan terlalu larut dalam euforia. Prestasi ini harus dijaga konsistensinya dan keberlanjutan karena jalan masih panjang.

Medali emas SEA Games bagi Erick mesti menjadi pijakan kuat bagi PSSI kian memacu transformasi sepak bola Indonesia agar prestasi ini berlanjut di Piala AFF, Asian Games, Piala Asia, kualifikasi Piala Dunia, dan olimpiade.

“Sukses ini akan jadi pengalaman berharga kita dalam membentuk timnas yang kuat di segala usia, lalu transformasi sepak bola nasional kita lanjutkan pentahapannya karena tugas-tugas masih banyak yang harus diselesaikan. Euforia kemenangan ini maksimal seminggu [sepekan], karena pemain juga perlu istirahat dan bertemu keluarga untuk selanjutnya kita teruskan pembenahan di PSSI,” ujar Erick.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya