SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan peringatan kepada Timnas Indonesia U-22 saat terjadi keributan pada final sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (Antara/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, MEDANTimnas U-22 Indonesia berhasil meraih medali emas seusai membungkan Thailand di babak final SEA Games 2023 Kamboja dengan skor 5-2. Kemenangan timnas disambut riuh mengingat sudah lama Indonesia tak meraih gelar emas di ajang pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan fokus dan mental menjadi kunci utama yang mengantarkan Rio Fahmi dan kawan-kawan bermain gemilang di babak semifinal dan final.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Persoalan mental akibat tekanan dan isu nonteknis di luar lapangan acapkali mengganggu fokus para pemain jelang menghadapi laga penentuan.

“Kunci kemenangan itu harus fokus, apalagi beberapa hari kemarin [sebelum final], kalau anak-anak tidak kita jaga, mereka akan pecah fokus,” ujar Erick saat menghadiri pelantikan pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Wilayah Sumatera Utara di Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/5/2023), melalui rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (18/5/2023).

Erick bersama seluruh ofisial tim berkomitmen untuk menjauhkan fokus timnas dari hal-hal di luar laga. Erick meminta para pemain tetap tenang dan fokus menatap pertandingan.

“Apalagi sekarang ada media sosial, lalu beberapa interview yang bisa saja mengganggu fokus mereka, jadi kita sangat batasi aktivitas mereka,” ucap Erick.

Erick bersyukur pendekatan ini memberikan hasil yang baik. Anak asuh Indra Sjafri terbukti tampil begitu tenang meski mendapatkan provokasi, intimidasi, dan tekanan selama pertandingan.

“Bukan berarti kita tidak memberikan kepercayan kepada mereka tapi kita coba menjaga fokus mereka. Alhamdulillah karena mereka fokus tanpa beban, jadi kita bisa mendapatkan yang terbaik,” lanjut Erick.

Sebagai apresiasi, Erick mengaku telah menyiapkan bonus untuk para pemain Timnas U-22. Meski begitu, Erick belum bisa mengungkapkan secara terperinci besaran bonus yang akan diterima penggawa Timnas U-22.

“Kalau kemarin ditanya soal bonus, padahal belum juara tapi sudah bicara bonus. Nah, kalau sekarang saya sudah bisa jawab, jawabannya ada bonus,” kata Erick.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya