SOLOPOS.COM - Lokasi kejadian tanggul Sungai Gelis jebol di Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati, Kudus, Sabtu (2/1/2021). (Detik.com)

Solopos.com, KUDUS — Dusun Goleng, Desa Pasuruan Lor, Kecamatan Jati, Kudus kebanjiran dan terisolasi. Penyebabnya tanggul Sungai Gelis yang ada di desa tersebut jebol.

Tanggul Sungai Gelis jebol sepanjang sekitar 25 meter. Pantauan Detik.com, jalan akses warga Dusun Goleng terputus karena tergenang air. Terlihat juga petugas BPBD Kudus melakukan evakuasi warga dengan menggunakan perahu.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Kejadian tanggul jebol kurang lebih terjadi, Jumat (1/1) pukul 22.45 WIB. Itu ada tanggul bocor, akhirnya jebol itu,” kata Kades Pasuruan Lor, Nor Badri, kepada wartawan di lokasi kejadian, Sabtu (2/1/2021).

Gegara Mesin Pertamini, 6 Ruko di Pekalongan Terbakar

Nor mengatakan akibat dari tanggul jebol tersebut Dusun Goleng terisolasi. Tidak hanya itu puluhan rumah warga di dusun tersebut terdampak banjir.

“Di RT 01, RW 12 ada 7 rumah, 9 KK, 36 jiwa. Lalu di RT 02, RW 12 ada 3 rumah, 3 KK, 12 jiwa. Serta di RT 03, RW 12 ada 12 rumah, 14 KK, 76 jiwa. Dengan kedalaman air dari 5 cm sampai dengan 50 cm,” jelasnya.

“Kami juga telah menyediakan dua lokasi pengungsian bagi warga. Nanti sudah disediakan logistik oleh BPBD, ada dapur umum,” sambung Nor.

Mayat Perempuan Misterius Ditemukan di Bengawan Solo Kawasan Sragen

Warga Dievakuasi

Menurutnya, dalam kejadian tanggul jebol tersebut tidak ada korban jiwa. Tapi dilaporkan sebuah mobil terseret arus air. “Ada satu mobil terseret arus air, tidak ada korban jiwa. Pengemudi selamat dalam kejadian itu,” jelas dia.

Salah satu warga terdampak, Purnomo, mengatakan saat ini telah dievakuasi petugas BPBD Kudus. “Kalau rumah tadi sekitar 10 cm. Cuma ini akses jalan tidak bisa karena tergenang air. Ini mau mengungsi,” jelas Purnomo di lokasi kejadian.

Curi Dua Batang Cokelat, Pria Ini Dihukum Penjara 10 Tahun

Terpisah, Kepala BPBD Kudus, Budi Waluyo, mengatakan satu dusun terisolasi karena jalur akses warga terputus tergenang air akibat tanggul jebol. Saat ini genangan air masih deras dari arah sungai.

“Dusun Goleng terisolasi karena masih derasnya air. Terlihat juga menggenangi lahan pertanian,” kata Budi saat dimintai konfirmasi Detik.com lewat pesan singkat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya