1.263 PPPK Guru di Karanganyar Terima SK, Langsung Dapat Gaji ke-13

Bupati Karanganyar menyerahkan SK pengangkatan kepada 1.263 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Mereka akan dapat gaji ke-13 pada Juli mendatang.

 Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melayani permintaan foto selfie PPPK guru SD-SMP Karanganyar usai penyerahan SK PPPK guru, di Graha PGRI Karanganyar di Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Rabu (18/5/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melayani permintaan foto selfie PPPK guru SD-SMP Karanganyar usai penyerahan SK PPPK guru, di Graha PGRI Karanganyar di Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Rabu (18/5/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 1.263 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru di Karanganyar menerima surat keputusan (SK) pengangkatan. PPPK di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Karanganyar ini pun bakal langsung menerima gaji ke-13 2022 pada Juli nanti.

SK pengangkatan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, kepada perwakilan PPPK di Graha PGRI Karanganyar di Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Rabu (18/5/2022).

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan para PPPK tersebut kini memiliki kewajiban sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), sekaligus menerima hak sesuai ketentuan, termasuk gaji ke-13.

“Dengan diterimanya SK ini, PPPK sudah punya kewajiban-kewajiban sebagai pegawai. Kalau guru ya sudah punya kewajiban mengajar dan mendidik dan kewajiban lainnya seperti pegawai lainnya yang ASN. Nah, nanti PPPK ini juga akan dapat gaji ke-13 Juli nanti. Bagi yang butuh pinjaman, SK-nya juga laku [sebagai jaminan] di Bank Daerah,” ujar Juliyatmono disambut tepuk tangan PPPK.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar, Suprapto, mengatakan 1.263 PPPK itu terdiri atas guru kelas, guru agama, guru olahraga, dan guru mata pelajaran lainnya. Jenjangnya mulai SD dan SMP. Mereka menempati sekolah sesuai dengan formasi yang mereka lamar saat pendaftaran.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Usulkan Penambahan 600 PPPK Tahun Ini

Sementara itu, di Karanganyar masih ada sekitar 400-an guru honorer yang belum terakomodasi dalam PPPK. “Di Karanganyar ada 1.636 guru honorer, yang sudah diangkat PPPK ini 1.263 orang. Nanti yang lain menunggu pemerintah dalam perekrutan tahap ketiga,” ujar Suprapto.

“Bagi guru honorer yang sudah masuk dalam dapodik [data pokok pendidikan] itu boleh melamar baik di dalam daerah maupun di luar daerah. Konsekuensinya, persaingan akan semakin berat,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu PPPK, Harsono mengaku gembira menyambut SK dan kabar tentang gaji ke-13 tersebut bagi PPPK. Uang senilai satu kali gaji itu sebagian akan ia berikan kepada orang tua.

“Tentunya ya senang sekali. Bisa buat bayar sekolah anak. Sama nanti buat menyenangkan orang tua dulu,” ujar PPPK di SDN Dawung 1 Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar ini.

Baca Juga: Segini THR PNS & PPPK Sragen yang Cair 26 April, Bupati dan DPRD Dapat?

Dimintai tanggapannya mengenai SK yang sudah bisa dipakai sebagai jaminan pinjaman di bank, Harsono juga mengaku bersyukur meski saat ini ia belum berencana meminjam uang di bank.

“SK bisa buat pinjam uang di bank. Tapi untuk saat ini sepertinya belum saya pakai,” imbuh mantan SMP Muhammadiyah 4 Mojogedang, Kabupaten Karanganyar ini.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

+ PLUS Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Berita Terkini

Lah! Air Sungai di Karangdowo Klaten Mendadak Berbusa, Banyak Ikan Mati

Sungai di wilayah Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mendadak berbusa sehingga menyebabkan banyak ikan mati.

Cemas & Depresi, Kondisi Remaja Wonogiri yang Sempat Hilang 1 Tahun

P2TP2A Wonogiri menyebut kondisi remaja perempuan asal Wonogiri yang sempat hilang hampir setahun lalu, MD, 17, tertekan secara psikis, seperti cemas, depresi, dan memiliki kecenderungan bunuh diri.

Makamnya Ada di Pasar Jamu Nguter Sukoharjo, Ini Kisah Mbah Lenguk

Pasar Jamu Nguter di Nguter, Sukoharjo, sejak lama menjadi pusat penjualan beragam jenis jamu dan empon-empon baik serbuk, cair, dan kemasan.

Grab OVO Buka Layanan Pembayaran Drive Thru Di Galabo Solo, Mudah-Cepat

Grab OVO meluncurkan layanan drive thru untuk pembayaran beberapa pelayanan publik seperti PBB, pajak kendaraan dan tagihan PDAM di pusat kuliner Galabo, Solo, Kamis (30/6/2022).

Pasar Jongke-Kabangan Solo Bakal Digabung, Pedagang Ngaku Belum Tahu

Sejumlah pedagang Pasar Jongke Solo mengaku belum tahu rencana Pemkot menggabungkan pasar tersebut dengan Pasar Kabangan pada revitalisasi mendatang.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Banyak Berawan

BMKG merilis prakiraan cuaca sragen hari ini bakal berawan sepanjang hari tanpa hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Cerah Berawan

Hujan sudah mulai jarang turun. Prakiraan cuaca karanganyar hari ini akan tanpa hujan sepanjang hari.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Kamis 30 Juni 2022: Dominan Berawan

Prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari ini Kamis (30/6/2022) tersaji lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo 30 Juni: Panas Lur, Suhu Sampai 33 Derajat Celcius

Prakiraan cuaca Kota Solo dari BMKG untuk hari ini, Kamis (30/6/2022), akan panas pada siang hari dengan suhu mencapai 33 derajat Celcius.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Kamis 30 Juni 2022: Hari Ini Cerah Berawan

Berikut ini prakiraan cuaca untuk wilayah Sukoharjo sepanjang hari Kamis (30/6/2022).

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi-Siang

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pengin Nonton Konser Dream Theater Di Solo? Ini Link Buat Beli Tiketnya

Tiket konser Dream Theater yang akan digelar 10 Agustus mendatang di Area Parkir A dan B Stadion Manahan Solo dijual secara online mulai Jumat (1/7/2022).

Hasil PPDB SMP di Wonogiri, Ada Sekolah yang Kekurangan Siswa

Seleksi pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kabupaten Wonogiri telah diumumkan, Senin (27/6/2022).

Dana Desa Jadi Andalan Atasi Stunting pada 2.000 Anak Sukoharjo

Pemerintah desa di Sukoharjo didorong memprioritaskan penggunaan bantuan dana desa untuk penanganan stunting.