1.231 Saksi Dari PDIP Untuk Pilkada Solo 2020 Jalani Rapid Test Rabu, Ini Lokasinya
Ilustrasi rapid test. (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 1.231 orang saksi pemungutan suara Pilkada Solo 2020 dari PDIP akan menjalani rapid test deteksi Covid-19 di tiga tempat berbeda, Rabu (2/12/2020).

Tiga lokasi yang akan menjadi tempat pelaksanaan rapid test yaitu RSUD Bung Karno, RSUD Ngipang Solo, dan Pendapa Joglo RW 09 Pucangsawit, Jebres. Informasi itu Solopos.com peroleh dari surat pemberitahuan rapid test Tim Pemenangan Gibran-Teguh.

Surat bertanda tangan Ketua Tim Pemenangan Gibran-Teguh, Putut Gunawan, dan Sekretaris Budi Prasetyo itu beredar di kalangan wartawan, Selasa (1/12/2020). Surat itu untuk Tim Pemenangan Gibran-Teguh tingkat kecamatan.

Warga Polokarto Sukoharjo Jadi Korban Pengeroyokan Di Halaman Kantor Desa Gentan Bendosari

Dalam surat itu terperinci rapid test untuk saksi dari PDIP di RSUD Bung Karno, RSUD Ngipang Solo, dan Pendapa Joglo RW 09 Pucangsawit akan mulai pukul 08.00 WIB. Proses rapid test dibagi per kelurahan masing-masing lokasi dengan durasi waktu 15 menit.

Budi Prasetyo kepada Solopos.com yang menghubunginya melalui pesan Whatsapp (WA) mengonfirmasi adanya rencana rapid test bagi para saksi pilkada. “Lokasi rapid test ada tiga, RSUD Ngipang, RSUD Bung Karno, dan Pucangsawit,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Pemenangan Gibran-Teguh, YF Sukasno, menjelaskan kebijakan rapid test bagi para saksi sebagai komitmen PDIP dan pasangan cawali-cawawali Solo nomor urut 01. Tujuannya untuk mencegah persebaran Covid-19.

Pemkot Solo Mulai Siapkan Vaksinasi Covid-19, Nakes Jadi Sasaran Pertama

Protokol Kesehatan

Setiap saksi harus dipastikan dalam kondisi sehat ketika bertugas pada hari pemungutan suara 9 Desember 2020. Jangan sampai muncul klaster baru persebaran Covid-19 dari tahap penyelenggaraan pilkada.

“Atas instruksi Pak FX Hadi Rudyatmo terkait kepatuhan pada protokol kesehatan maka diminta agar Tim Pemenangan melakukan rapid test terhadap petugas saksi dari pasangan Gibran-Teguh yang akan bertugas,” tuturnya.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, sebelumnya saat menjadi pembicara dalam diskusi Pilkada Solo 2020 di Studio TA TV juga mengimbau kepada pasangan cawali-cawawali dan tim pemenangannya untuk melakukan rapid test terhadap para saksi.

Kecelakaan Timuran Solo Renggut Nyawa Remaja 16 Tahun, Polisi Periksa 4 Orang

Imbauan itu sebagai upaya mencegah persebaran Covid-19 saat situasi kasus yang semakin bertambah. Sebelumnya, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Solo juga sudah menjalani rapid test.

Petugas keamanan yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) juga sudah menjalani rapid test. “Petugas kami sudah rapid test. Kami juga mengimbau kepada paslon dan tim agar saksi melakukan rapid test,” urai dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom