Sport
Rabu, 5 Agustus 2015 - 17:25 WIB

PIALA PROKLAMASI 2015 : Laga Persib Vs Arema Bisa Digelar Kandang-Tandang

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pesepakbola Persib Bandung, Toni Sucipto (kanan), berebut bola dengan pesepakbola Selangor FA Malaysia, Abdul Hadi Yayah (kiri), pada pertandingan Persahabatan International di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/5). Tim Maung Bandung berhasil mengalahkan klub asal negara Malaysia tersebut dengan skor akhir 4-2. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/nz/15

Piala Proklamasi 2015 akan digelar 15 Agustus mendatang. Laga Persib vs Arema di turnamen itu bisa digelar kandang-tandang.

Solopos.com, MALANG — Setelah menjuarai Sunrise of Java Cup (SoJC) 2015, Arema Cronus ditunggu pertandingan yang lebih besar. Laga terdekat adalah persahabatan kontra Persib Bandung, 11 Agustus dan Piala Proklamasi 2015 melawan tim yang sama, 15 Agustus mendatang.

Advertisement

Dikutip dari Okezone, Rabu (5/8/2015), berdasarkan hasil rapat Exco PSSI, Senin (3/8/2015), Arema dan Persib juga bakal bertemu di Piala Proklamasi 2015, sebuah laga untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Rencananya laga digelar itu di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Namun, tempat itu belum mutlak meski dipastikan laga Piala Proklamasi 2015 di Bandung bakal digelar 15 Agustus mendatang. Dipertemukannya Singo Edan dan Maung Bandung karena keduanya berstatus juara. Arema juara Inter Island Cup 2014 dan Persib jawara ISL 2014.

Advertisement

Namun, tempat itu belum mutlak meski dipastikan laga Piala Proklamasi 2015 di Bandung bakal digelar 15 Agustus mendatang. Dipertemukannya Singo Edan dan Maung Bandung karena keduanya berstatus juara. Arema juara Inter Island Cup 2014 dan Persib jawara ISL 2014.

Apabila Piala Proklamasi 2015 digelar di Bandung, maka bakal terjadi pertemuan home-away meski di ajang berbeda. Sebenarnya kejuaraan yang mempertemukan tim juara tersebut lebih cocok digelar di tempat netral guna memberi ruang kepada kedua suporter yang memiliki rivalitas kental.

“Sebelumnya kami sudah menjadwalkan pertandingan lawan Persib untuk seremoni ulang tahun Arema 11 Agustus. Ternyata Exco PSSI ingin kami bertemu lagi di Piala Proklamasi 2015. Pada intinya kami siap bertemu dua kali dengan Persib,” kata General Manager Arema Cronus, Ruddy Widodo.

Advertisement

Manajemen juga akan berkoordinasi dengan staf pelatih terkait persiapan pertandingan lawan Maung Bandung. Asisten Pelatih Arema Cronus Joko Susilo mengatakan pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut dari manajemen sebelum menentukan program latihan.

Dikutip dari Liputan6.com, Rabu, gagasan PSSI menggelar Piala Proklamasi  2015yang mempertemukan Persib Bandung dan Arema Cronus ternyata tidak sepenuhnya diterima oleh manajemen Maung Bandung. Manajer Persib, Umuh Muchtar, keberatan apabila Persib menghadapi Arema Cronus 15 Agustus 2015 mendatang.

Pasalnya, Persib juga dijadwalkan bakal bertemu tim yang sama, Arema Cronus dalam pertandingan uji coba 11 Agustus. Menurut Umuh, laga Piala Proklamasi 2015 mempertemukan juara ISL 2014 dan Inter Island Cup 2014 terkesan mendadak.

Advertisement

PSSI seharusnya jangan terburu-buru dan berkoordinasi dengan tim yang akan bertanding setelah sekian lama tidak terdapat kegiatan. “Persib keberatan bermain di Piala Proklamasi 2015,” kata Umuh.

Menurut pria yang akrab disapa Pak Haji itu, persiapan Maung Bandung menghadapi pertandingan itu sangat sempit. Apalagi tim yang hadapi sama. “Persib sedang melakukan persiapan melawan Arema tanggal 11. Kenapa harus ada Piala Proklamasi  2015 empat hari kemudian? Itu terlalu mepet,” tambahnya.

Pria kelahiran 2 Juni 1948 itu menilai, PSSI seharusnya fokus menyelesaikan rencana persiapan Piala Indonesia Satu (PIS) atau Piala Presiden dan ISL 2015/2016. Persib juga direncanakan mengikuti dua turnamen yang dicetuskan promotor Mahaka.

Advertisement

“Jangan ada kejuaraan Piala Proklamasi 2015 dulu. Selesaikan persiapan untuk Liga Indonesia, jalankan Piala Presiden. Kalau persiapan semuanya sudah matang barus konsentrasi ke agenda lain,” pungkas Umuh.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif