Soloraya
Senin, 3 Agustus 2015 - 21:40 WIB

BATU AKIK SRAGEN : Mani Gajah Seukuran Kelapa Dihargai Rp10 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menunjukkan bongkahan batu jenis batu akik mani gajah yang ditemukan di Bonagung, Tanon, Sragen, Senin (3.8.2015). (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Batu akik Sragen jenis mani gajah dihargai Rp5 juta-Rp10 juta

Solopos.com, SRAGEN — Temuan lahan tambang batu akik di Bonagung, Kecamatan Tanon, Sragen, memang cukup menggiurkan. Informasi yang dihimpun Solopos.com, Senin (3/8/2015),  batu mani gajah yang ditemukan warga rata-rata sebesar buah kelapa.

Advertisement

Setidaknya terdapat sekitar empat karung batu mani gajah yang berhasil ditemukan warga. Batu mani gajah terkecil seukuran kepalan tangan orang dewasa. Satu butir batu gajah sebesar buah kelapa sudah laku terjual Rp10 juta.

Sementara satu bongkahan kecil sudah laku terjual Rp5 juta. “Jika sudah jadi batu akik, harga pasarannya minimal Rp1 juta. Ada yang Rp2 juta dan Rp3 juta,” kata warga setempat, Suwarno.

Suwarno berkomitmen ingin membuat warganya lebih sejahtera dengan adanya tambang batu mani gajah itu. Diakuinya, batu mani gajah itu telah menjadi magnet tersendiri bagi warga sekitar.

Advertisement

“Warga yang dulunya tidak suka, tiba-tiba menjadi suka. Warga yang dulunya tidak tahu, sekarang ikut berburu. Warga biasa berburu batu manigajah pada sore hari,” terang Suwarno.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif