Otomotif
Kamis, 23 Juli 2015 - 22:10 WIB

BURSA MOBIL : Mobil Sokon Tiongkok Serbu Indonesia Akhir 2015

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sokon Glory (Carnewschina.com)

Bursa mobil Indonesia akan kedatangan mobil merek Sokon asal Tiongkok.

Solopos.com, JAKARTA – Satu lagi merek mobil asal Negeri Tirai Bambu akan menyerbu bursa mobil Indonesia, yakni Sokon. Mobil Tiongkok itu akan diproduksi di Tanah Air pada akhir 2015.

Advertisement

Menteri Perindustrian Saleh Husin membenarkan akan adanya mobil merek Sokon di bursa mobil Indonesia. Bukan diimpor, melainkan diproduksi secara lokal dengan jumlah penggunaan komponen dalam negeri setara dengan Toyota Avanza, yakni 80 persen.

“Iya tadi ada yang baru datang, katanya akan memproduksi pada November. Produksi otomotif, mobil,” ujar Saleh saat ditemui di kantornya seperti dilansir laman Detik, Kamis (27/7/2015).

Hal senada juga diungkapkan oleh Alexander Barus, Komisaris PT Sokonindo Automobile. Ia menambahkan mobil Sokon akan diproduksi di Tangerang, Banten, setelah prinsipal Sokon di Tiongkok melakukan investasi sebesar US$150 juta atau setara Rp2 triliun.

Advertisement

“Perusahaannya namanya PT Sokonindo Automobile. Di Tiongkok, Sokon memproduksi 400.000 unit mobil per tahun. Di Indonesia, kami akan memproduksi 50.000 unit pada tahap awal, mulai November 2015,” tutur Alex seperti dilansir laman Antara, Kamis (23/7/2015).

Sama seperti di negara asalnya, Sokon di Indonesia juga akan bermain di kelas mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dan mobil pikap dengan mesin bensin 1.300 cc dan mesin diesel 1.500 cc.

“Untuk tahap awal, semua komponen murni dari Tiongkok. Kemudian, untuk pengembangan berikutnya, lima tahun ke depan kami bisa maksimum 20 persen konten Tiongkok dan 80 persen konten lokal. Jenis mobil MPV kami lebih besar sedikit dari Avanza,” imbuhnya.

Advertisement

Alex juga menjelaskan, pabrik mobil yang akan digunakan PT Sokonindo Automobile bukanlah pabrik baru, melainkan hasil renovasi dari bekas pabrik sepeda motor merek Sanex. Sedangkan mengenai kualitas mobil, ia mengklaim Sokon di Indonesia memiliki kualitas mesin dan efisiensi bahan bakar satu tingkat di atas mobil Sokon di Tiongkok.

Sebelumnya, Wuling yang juga produsen mobil asal Tiongkok sudah terlebih dahulu melakukan investasi di Indonesia. Di bursa mobil Tanah Air, pabrikan dengan logo W itu akan bekerja sama dengan General Motors (GM) Indonesia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif