Sport
Minggu, 5 Juli 2015 - 15:15 WIB

GP2 SERIES INGGRIS 2015 : Rio Haryanto Start Terdepan

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rio Haryanto raih juara Sprint Race (Liputan6.com)

GP2 Series Inggris 2015 membuat Rio Haryanto memulai balapan di posisi pertama sprint race.

Solopos.com, SILVERSTONE — Pembalap asal Solo, Rio Haryanto, mendapatkan keuntungan dari hukuman penalti yang dijatuhkan kepada Arthur Pic dan Oliver Rowland. Hukuman penalti itu mengubah hasil feature race dan membuat Rio akan start terdepan dalam sprint race GP2 Series Inggris 2015.

Advertisement

Dikutip dari Detik, Minggu (5/7/2015), dalam feature race GP2 Series Inggris 2015 di Sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu (4/7/2015) kemarin, Rio yang memulai balapan dari posisi ke-15 menyelesaikan balapan di urutan kesepuluh.

Setelah balapan feature race GP2 Series Inggris 2015 berakhir, pengawas balapan di Sirkuit Silverstone, melakukan investigasi terkait senggolan yang melibatkan Pic dan Jordan King di tikungan terakhir. Hasilnya, Pic yang merupakan rekan setim Rio di Campos Racing dinyatakan bersalah dan dikenai penalti 20 detik.

Steward juga menjatuhkan hukuman penalti 5 detik kepada Rowland. Rowland dihukum lantaran beberapa kali keluar dari trek di tikungan 9 sepanjang balapan.

Advertisement

Sebagai konsekuensinya, Pic yang melewati garis finis di posisi keenam melorot ke urutan ke-14. Adapun Rowland yang finis di posisi kesembilan turun ke posisi kesepuluh lomba sprint race GP2 Series Inggris 2015.

Hal tersebut ikut menguntungkan Rio. Rio yang finis di posisi kesepuluh pun naik ke urutan delapan dan mendapatkan tambahan empat poin di sprint race GP2 Series Inggris 2015.

Hasil itu sangat memengaruhi posisi Rio dalam sprint race GP2 Series Inggris 2015 pada Minggu ini. Sebagai pembalap yang menempati posisi kedelapan di feature race, dia berhak memulai dari posisi terdepan di sprint race. Sprint race GP2 menganut sistem start terbalik untuk pembalap yang menempati posisi delapan besar di feature race.

Advertisement

Sebagaimana diberitakan Solopos.com sebelumnya, Rio Haryanto saat ini berada di peringkat keempat di klasemen umum GP2 Series 2015 dengan koleksi 74 poin. Di atasnya ada Stoffel Vandoorne yang mengoleksi 170 poin, Alexander Rossi yang meraih 97 poin, dan Sergey Sirotkin yang mengumpulkan 77 poin.

Balapan kedua sprint race GP2 Series Inggris 2015 akan digelar di Sirkuit Silverstone, Minggu sore pukul 15.35 WIB.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif