News
Jumat, 3 Juli 2015 - 01:40 WIB

YUNANI BANGKRUT : Ini Pengaruh Krisis Yunani Terhadap Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi krisis Yunani (www.occupy.com)

Yunani dinyatakan bangkut setelah tak mampu membayar utang IMF.

Solopos.com, JAKARTA — Krisis yang dialami Yunani membuat negara itu di ambang kebangkrutan. Krisis yang dialami Yunani akan berdampak pada Indonesia, tapi tidak begitu besar.

Advertisement

Menurut Kementerian Luar Negeri Indonesia, ada sekitar 1.000 warga Indonesia berada di Yunani. Mereka rata-rata bekerja di sektor informal. Mereka inilah yang akan merasakan dampak langsung dari kondisi ekonomi di Yunani.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nassir, mengatakan, Indonesia memang menjalin kerjasama dengan Indonesia tapi krisis di negara itu tidak akan berdampak besar pada Indonesia.

“Memang kita ketahui Yunani sedang menghadapi masa sulit, di mana mereka tidak dapat membayar utangnya kepada IMF yang sudah jatuh tempo. Dalam keadaan ekonomi yang sedang terakit ini, memang dampaknya pertama-tama akan terasa ke negara-negara yang dekat dengan Yunani, yakni negara Uni Eropa (UE),” kata Arrmanatha, Kamis (2/7/2015) sebagaimana dikutip Okezone.

Advertisement

“Untuk Indonesia sendiri, kita memliki hubungan yang baik dengan Yunani, dengan nilai kerjasama perdagangan sebesar USD200 juta atau sekira Rp2,6 triliun. Mungkin ekspor kita akan sedikit berdampak ke sana, yang umumnya produk kelapa sawit dan komoditas pertanian,” ujarnya.

Menurut Arrmanatha, para WNI yang ada di Yunani, kemungkinan akan kehilangan pekerjaan. Hal itu wajar, mengingat krisis ekonomi yang dialami Yunani sudah parah.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif