News
Rabu, 1 Juli 2015 - 08:10 WIB

Tak Bisa Bayar Hutang IMF, Yunani Resmi Bangkrut

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi krisis Yunani (www.occupy.com)

Yunani bangkrut dan tak bisa membayar hutang kepada IMF.

Solopos.com, SOLO – Negara Yunani sudah memastikan tidak akan membayar hutang negara sebesar 1,54 miliar Euro atau setara Rp22,8 triliun ke International Monetary Fund (IMF) yang sudah jatuh tempo Selasa (30/6/2015) hari ini.

Advertisement

Juru bicara untuk Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis, mengatakan kepada CNN, Selasa (30/6/2015), bahwa negaranya tidak akan ada pembayaran utang hari ini.

Dengan kenyataan itu, Yunani menjadi negara maju pertama yang gagal bayar utang kepada IMF. Seperti diberitakan Detik.com, Selasa, bangkrutnya Yunani ini menjadi salah satu noda hitam dalam perekonomian negara itu.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras sudah melakukan pembicaraan via telepon dengan petinggi Troika, yaitu Uni Eropa, Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB), dan IMF di menit-menit terakhir.

Advertisement

Pembicaraan dilakukan dengan Ketua Komisi Uni Eropa Jean-Paul Juncker dan Presiden ECB Mario Draghi. Troika hanya akan memberikan dana bantuan senilai 7,2 miliar euro atau Rp 108 triliun jika Yunani bersedia tunduk kepada syarat-syaratnya, mulai dari pemangkasan anggaran pemerintah dan menaikkan pajak.

Pemerintah Yunani sendiri sudah mengambil referendum dan meminta warganya melakukan voting terhadap syarat-syarat tersebut, apakah akan diterima atau tidak. Voting dilakukan Minggu 5 Juli 2015 mendatang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif