Entertainment
Rabu, 8 April 2015 - 16:00 WIB

ABAD KEJAYAAN ANTV : Catatan Sejarah: Kontroversi Hurrem Sultan di Masa Ottoman

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hurrem Sultan dalam serial Muhtesem Yuzyil atau Abad Kejayaan Antv (Youtube.com)

Abad Kejayaan Antv menampilkan karakter Hurrem Sultan yang cantik dan cerdas.

Solopos.com, SOLO — Sosok Haseki Sultan atau Hurrem Sultan dalam serial Abad Kejayaan Antv ditampilkan sebagai wanita kesayangan Suleiman. Penggambaran tersebut sesuai dengan sejarah Ottoman yang menyebut Hurrem sebagai istri sah King Suleiman. Gelar Hurrem memilki makna keceriaan.

Advertisement

Sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber sejarah Kerajaan Ottoman, Selasa (7/4/2015), Hurrem menjadi ratu di Ottoman yang kontroversial.

Pasalnya, beberapa pihak menganggap, Hurrem atau Roxelane adalah ratu penghasut dan haus kekuasaan. Bahkan, beberapa sumber sejarah menyebut Hurrem terlibat dalam konspirasi pembunuhan sahabat baik Suleiman, Ibrahim Pasha dan putra Mahidevran, Mustafa.

Namun begitu, beberapa pihak menganggap Hurrem adalah wanita yang sangat berpengaruh dalam kesuksesan Suleiman meraih kejayaannya. Tidak sedikit sumber sejarah yang mengulas kedermawanan Hurrem.

Advertisement

Jiwa Sosial Hurrem
Sebagaimana disebutkan dalam salah satu sumber sejarah Ottoman, Dailysabah, semasa hidup, Hurrem membangun kompleks masjid di Istanbul, yang dilengkapi dengan air mancur, rumah penampungan, sekolah, dan rumah sakit. Rumah sakit yang dibangun Hurrem bernama Rumah Sakit Haseki. Kabarnya, hingga saat ini rumah sakit tersebut masih digunakan.

Dalam sejarah Ottoman, Hurrem digambarkan sebagai wanita berkarakter kuat. Artinya, Hurrem menjadi satu-satunya wanita yang berada di belakang Suleiman, saat Raja Ottoman menghadapi periode sulit.

Periode sulit itu ketika ibunda Suleiman, The Valide Sultan I atau Ibu Suri meninggal. Di saat yang hampir bersamaan, Mahidevran dan Mustafa dikeluarkan dari istana karena dianggap melakukan kesalahan.

Advertisement

Pengaruh Hurrem dalam Politik
Hurrem tidak sekadar digambarkan sebagai ratu kesayangan berparas cantik. Ia memiliki kemampuan dalam bidang hubungan internasional. Hal ini terbukti saat Hurrem berhasil menjalin kerja sama dengan menulis surat kepada Raja Polandia Sigismund II Augustus.

Hurrem mampu menggantikan tugas-tugas kenegaraan, saat Suleiman berhalangan. Berdasarkan sejarah Ottoman, Hurrem menulis banyak surat untuk para pembesar negara dalam tata bahasa yang baik, sehingga membuat ia dikenal sebagai The Wife of the Sultan of the World.

Berkat kepiawaian Hurrem dalam menjalin hubungan politik internasional, membuat Kekaisaran Ottoman berhubungan baik dengan negara Polandia. Aliansi Polandia-Ottoman menjadi bukti hubungan harmonis tersebut.

Di masa kejayaan Ottoman, Hurrem juga dikenal sebagai wanita di belakang Suleiman yang mampu memajukan sektor pembangunan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif