Ilustrasi E-KTP (Is Ariyanto/JIBI/SOLOPOS) Ilustrasi E-KTP (Is Ariyanto/JIBI/SOLOPOS)
Selasa, 7 Mei 2013 18:01 WIB Rini Y/JIBI/SOLOPOS/Dtc Peristiwa Share :

CHIP E-KTP
Ponsel Android Buktikan Keberadaan Chip

Ilustrasi E-KTP (Is Ariyanto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO—Mendagri mengeluarkan surat edaran yang melarang keping E-KTP difoto kopi berulang dan distapler. Belakangan muncul keraguraguan masyarakat benarkan E-KTP telah memiliki chip.

Salah satu user di Youtube bernama Akhmad Mulyanto mengunggah video ke situs tersebut, Kamis (6/5/20913). Dalam video yang diberi judul Deteksi Chip E-KTP dengan NFC pada Nexus 7, Akhmad menjelaskan pembuktian chip E-KTP. Akhmad membuktikan kebenaran chip tersebut lewat aplikasi dalam sebuah tablet.

Caranya sangat mudah, dia hanya menempelkan E-KTP ke kamera tabletnya dan keluar berupa tulisan-tulisan yang menandakan kalau kartu itu memiliki chip.

Caranya dengan menyiapkan ponsel dengan basis operasi Android dan aplikasi NFC Reader. Alhasil, saat kartu ditempelkan ke ponsel, keluarlah data-data terkait keberadaan chip tersebut.

Tulisan tersebut bertuliskan angka-angka dan Radio RFID (radio frequency identification). Namun tidak ada keterangan apa pun soal biodata si pemilik e-KTP. Dengan demikian keberadaan RFID bisa dibuktikan.

Mendagri Gamawan mengatakan kalau chip yang terdapat di e-KTP merupakan chip jenis contactless dan tidak nampak dari luar. “Chip yang di dalam itu namanya contactless, dan tidak muncul di luar,” terangnya kepada detikcom.

Di situs e-KTP.com, ada penjelasan chip itu tidak nampak karena menggunakan Gelombang Radio RFID (radio frequency identification), sehingga e-KTP tidak harus persis menyentuh alat pembaca untuk bisa dibaca.

Gamawan membantah foto ilustrasi di situs Setkab.go.id yang menampilkan chip yang terlihat dari luar. Menurut Gamawan, gambar itu salah.

Berikut ini link Pembuktian Chip E-KTP yang diunggah ke Youtube :

http://www.solopos.com/arsip-video

lowongan kerja
lowongan kerja PT. INDOSOLO MOTOR GEMILANG, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Iklan Baris
  • Lowongan Administrasi

    LANGSUNG Kerja!!!! AKUR OPTIK BantuL dengan 13 Cab Membutuhkan Adminitrasi : – Berpengalaman Dalam Bidan…

Leave a Reply



1

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…