News
Selasa, 7 Mei 2013 - 15:40 WIB

CHIP E-KTP : Youtube Mulai Ramai Video Pembuktian

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi E-KTP (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Ilustrasi E-KTP (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SOLO—Seiring dengan surat edaran Mendagri Gamawan Fauzi mengenai larangan E-KTP distapler maupun difoto kopi berkali-kali, masyarakat pun menyangsikan benarkan E-KTP telah memiliki chip?

Advertisement

Belakangan ini di situs berbagi video Youtube telah beredar sedikitnya tiga video pembuktina benarkan E-KTP memiliki Chip?

Akun video Mulyanto Akhmad yang mengunggah video dengan judul Deteksi chip eKTP dengan NFC pada Nexus 7 , Senin (6/5/2013) melakukan pembuktian menggunakan perangkat Nexus beraplikasi Android.

Hingga Selasa (7/5/2013), video tersebut sudah disaksikan 300 orang. Pembuktian chip E-KTP bisa dilakukan menggunkan ponsel Android yang sudah tersedia NFC Enable.

Advertisement

Adapun untuk menyetingnya adalah sebagai berikut :
1. Settings > Wireless & Networks > More… > NFC > check “Allow data exhange when the phone touches another device”, aktifkan android beam

2. Lalu install dari Google Play Store: NFC TagInfo dan open app

3. Dekatkan e KTP ke device.

Advertisement

4. Akan ada notifikasi jika terdapat chip RFID dalam kartu

Sebagaimana dikutip dari detik.com, Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan e-KTP yang beredar saat ini sudah memiliki chip. Masyarakat pun bisa membuktikan apakah e-KTP tersebut sudah memiliki chip dengan cara sederhana.

Simak berita terkait : http://digital.solopos.com/file/07052013/

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif