Espospedia
Selasa, 30 April 2024 - 07:37 WIB

Memanen Cuan dari Libur Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Infografis Cuan Lebaran (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut jumlah pergerakan masyarakat selama periode angkutan mudik Lebaran 2024 mencapai sekitar 242 juta orang.  Jumlah pergerakan ini lebih tinggi dibandingkan dengan proyeksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebelum dimulainya arus mudik Lebaran.

Sebelumnya, riset yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub menyebut potensi pergerakan masyarakat selama mudik Lebaran 2024 adalah sekitar 193 juta pergerakan. Budi Karya menuturkan, total pergerakan tersebut mencakup masyarakat yang melakukan mudik jarak jauh dan juga kelompok yang melakukan perjalanan di daerah aglomerasi.

Advertisement

“Dari catatan kita koordinasikan dengan salah satu operator telekomunikasi, pergerakan selama mudik Lebaran 2024 terjadi sebanyak 242 juta. Ini ada juga pergerakan di daerah aglomerasi seperti dari Jakarta ke Bandung,” katanya dalam acara Penutupan Posko Pusat Angkutan Lebaran 2024 di Gedung Kemenhub, Jakarta pada Jumat (19/4/2024) seperti dilansir Bisnis.com.

Budi Karya menuturkan, secara keseluruhan penyelenggaran angkutan mudik Lebaran 2024 berjalan dengan optimal dan lancar. Meski demikian, pihaknya juga masih memiliki sejumlah catatan dalam pelaksanaan mudik pada beberapa titik kepadatan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi menyatakan penanganan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah lebih baik dari tahun lalu.

Advertisement

“Secara umum capaian tahun ini baik dibanding 2023 terutama dari sisi angka kecelakaan lalu lintas,” kata Muhadjir Effendi saat meninjau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama di Cikampek, belum lama ini seperti dilansir Antaranews.

Di sisi lain,  berdasarkan survei Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) potensi perputaran ekonomi selama libur Lebaran 2024 mencapai Rp369,8 triliun.

“Ini kita sampaikan angka potensi perputaran ekonomi kira-kira mencapai Rp369,8 triliun,” ujar Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Nia Niscaya dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (16/4/2024) seperti dilansir Bisnis.com.

Advertisement

Berikut dampak ekomoni dari libur Lebaran 1445 H/2024 dalam info grafis:

Infografis: Whisnupaksa

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif