News
Senin, 18 Juni 2012 - 22:47 WIB

IT MAL CCP Agresif Edukasi Pasar

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung melihat komputer baru di IT Mall Computer Center Point (CCP) Solo, Senin (18/6/2012). (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)


Pengunjung melihat komputer baru di IT Mall Computer Center Point (CCP) Solo, Senin (18/6/2012). (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Pengelola IT Mal Computer Center Point (CCP) menargetkan dalam kurun waktu satu tahun, pasar modern produk IT di Solo Center Point (SCP) itu sudah bisa terbentuk.

Advertisement

Melihat pengalaman IT mal di kota-kota besar seperti Jogja dan Semarang, rata-rata butuh waktu dua tahun agar mal tersebut bisa ramai. “Paling tidak, untuk di Solo butuh waktu satu tahun agar mal khusus produk IT ini bisa ramai,” kata Pengelola IT Mal CCP, Ikhwan N Hidayat, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (18/6/2012).

Untuk saat ini, pihaknya akan agresif melakukan edukasi ke pasar bahkan ke penyewa toko di IT mal tersebut. Diakuinya, saat ini pengunjung IT mal masih sangat minim. Tapi, setiap pengunjung yang datang adalah buyer potensial.  “Pengunjung datang ke mal pasti untuk membeli produk. Karena IT mal berbeda dengan mal yang lain yang bisa untuk tempat rekreasi,” imbuh dia.

Hanya saja, kata dia, yang saat ini masih menjadi kendala adalah 90% toko di IT mal CCP belum pernah berbisnis di mal, yang semestinya ada aturan-aturan baku terutama mengenai jam buka toko. “Mayoritas toko belum siap dengan sumber daya manusia (SDM), sehingga masih enggan buka sampai malam. Saya akui, edukasi ini tidak akan mudah.”

Advertisement

Memasuki bulan kedua, pengelola IT Mal CCP juga mulai promosi keluar. “Kami akan bekerja sama dengan universitas-universitas sekolah tinggi ilmu komputer. Bahkan kami sudah MoU dengan seluruh guru komputer SMA di Kota Solo,” kata dia.

Pihaknya berharap, dengan membidik segmen akademisi tersebut keberadaan IT Mal CCP itu akan semakin dikenal pasar.  Di satu sisi, Paguyuban Penyewa Toko IT Mal CCP juga sudah terbentuk. Paguyuban ini nantinya akan bekerja sama dengan pihak mal menggeber beragam program, agar mal tersebut lebih ramai dan transaksi toko bisa meningkat.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif