Lifestyle
Jumat, 14 Desember 2012 - 10:36 WIB

Cara Bakar Kalori Lebih Banyak Saat Naik Tangga

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Thinkstock)

Ilustrasi (Thinkstock)

Memilih lewat tangga dibanding naik lift adalah cara tepat untuk menurunkan berat badan. Namun jika ingin berat badan turun lebih cepat, jangan sembarangan naik tangga. Ada cara jitu yang akan membuat kalori terbakar lebih banyak.

Advertisement

Cara tersebut tidak sulit dilakukan, hanya butuh sedikit kesabaran karena memang butuh waktu sedikit lebih lama. Ya, seseorang harus menaiki satu persatu anak tangga jika ingin membakar kalori lebih banyak dan bukan dengan melompati dua anak tangga sekaligus seperti saat sedang buru-buru.

Melompati dua anak tangga sekaligus memang bisa mempersingkat waktu dan kalau dirasakan juga lebih melelahkan. Tapi menurut penelitian, rasa lelahnya tidak sebanding dengan jumlah kalori yang dibakar terutama bila dibandingkan dengan menaiki anak tangga satu persatu.

Dr Lewis Halsey dari University of Roehampton membuktikan hal itu setelah mengamati cara orang menaiki tangga sejauh 15 meter selama lima kali dalam sepekan. Jika naiknya satu persatu, rata-rata terjadi pembakaral 302 kalori sedangkan jika ada anak tangga yang dilompati maka rata-rata hanya 206 kalori.

Advertisement

“Kesimpulan kami, lebih baik naik tangga satu persatu jika ingin menginginkan pembakaran kalori paling banyak,” kata Dr Hasley seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (14/12/2012).

Mengenai alasannya, Dr Hasley memberikan sebuah penjelasan biomekanik. Menurutnya, naik tangga satu persatu akan menghasilkan kontraksi otot yang lebih singkat sehingga energi yang dihasilkan juga semakin besar dibandingkan saat melompati dua anak tangga.

Lamanya waktu yang dibutuhkan ketika harus telaten menaiki tangga satu persatu juga menggambarkan jumlah kalori yang terbakar. Tidak sulit untuk membayangkan bahwa aktivitas fisik yang semakin lama akan menghasilkan pembakaran kalori yang lebih besar pula.

Advertisement

Berbagai penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa naik tangga, bagaimanapun caranya akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain membantu menurunkan berat badan, aktivitas ini juga meningkatkan kebugaran dengan menaikkan kapasitas vital paru-paru yang dinyatakan sebagai VO2Max.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif