Bisnis
Kamis, 9 Mei 2024 - 16:31 WIB

Diprediksi Angkut 93.895 Orang, Perjalanan KRL Jogja-Solo Ditambah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Commuterline atau KRL Solo-Jogja. Foto diambil belum lama ini.(Solopos.com/Anik Sulistyawati)

Solopos.com, SOLO — Memasuki masa libur panjang Paskah 2024, Yogyakarta dan sekitarnya dipastikan akan lebih ramai dibandingkan hari biasanya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI Commuter kembali mengoperasikan enam jadwal perjalanan tambahan commuter line relasi Yogyakarta-Palur atau KRL Jogja-Solo.

Advertisement

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menyebut ada 30 perjalanan setiap harinya mulai Kamis-Minggu (9-12/5/2024). Pada periode tersebut, pihaknya mengoperasikan 15 perjalanan dari Stasiun Palur menuju Stasiun Yogyakarta mulai pukul 04.55 WIB hingga pukul 20.53 WIB.

Selain juga, ada 15 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Palur mulai pukul 05.30 WIB hingga pukul 22.35 WIB. Untuk commuter line Prameks tetap mengoperasikan sebanyak delapan perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25 WIB hingga 17.50 WIB.

Advertisement

Selain juga, ada 15 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Palur mulai pukul 05.30 WIB hingga pukul 22.35 WIB. Untuk commuter line Prameks tetap mengoperasikan sebanyak delapan perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25 WIB hingga 17.50 WIB.

“Diprediksi total pengguna commuter line Yogyakarta pada libur panjang esok sebanyak 93.895 orang atau rata-rata sebanyak 23.474 orang per harinya. KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta juga memprediksi volume tertinggi selama libur panjang Paskah ini sebanyak 24.768 orang pada Minggu, 12 Mei 2024,” terang Anne, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, pada Kamis (9/5/2024).

Pihaknya mencatat pada Mei 2024, rata-rata pengguna pada hari libur atau akhir pekan sebanyak 25.871 orang per hari. Sedangkan pada April kemarin rata-rata sebanyak 26.320 orang per hari, yang mana volume tertinggi terjadi pada hari libur atau akhir pekan menembus angka 41.535 orang yaitu pada Sabtu, 13 April 2024 lalu.

Advertisement

Oleh sebab itu, untuk menghindari kepadatan di stasiun tersebut, Anne mengimbau pengguna KRL Jogja-Solo untuk naik dari stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan yang biasanya mencatat rata-rata volume pengguna sebanyak 2.600 – 3.000 pada hari libur.

Di sisi lain, pihaknya mengaku juga meningkatkan layanannya pada libur panjang esok dengan penambahan toilet, perluasan musala, penambahan kanopi, penambahan pos Kesehatan dan penambahan fasilitas layanan lainnya di Stasiun Yogyakarta, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Brambanan dan Stasiun Jenar, Stasiun Purwosari, Stasiun Delanggu, dan Stasiun Palur.

“Sedangkan penambahan perjalanan commuter line sendiri dilakukan untuk memudahkan para wisatawan menuju destinasi wisata di wilayah Yogyakarta, Solo hingga Karangayar. Mengingat, Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata pada saat liburan,” kata dia.

Advertisement

Anne berharap masyarakat yang akan berwisata menggunakan commuter line dapat lebih nyaman dan untuk transaksi pembayaran tiket dapat menggunakan kartu multi trip (KMT), kartu bank (Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code.

Untuk pembelian tiket commuter line Prameks dapat dipesan melalui Access By KAI ataupun dengan menggunakan KMT dan kartu bank sesuai dengan kuota yang tersedia. Pihaknya mengimbau pengguna tetap mematuhi peraturan yang berlaku, menjaga dan mengawasi anak-anak, menyiapkan perjalanan dengan cermat, menjaga barang bawaan, dan mengikuti arahan petugas.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif